Ini Cara Satpol PP Kabupaten Blitar Relaksasi Diri Lepas dari Stres

Ini Cara Satpol PP Kabupaten Blitar Relaksasi Diri Lepas dari Stres

27/10/2020 22:52 0 By Maman

Satpol PP

Workshop Kedisiplinan dan Management Stres digelar Satpol PP Kabupaten Blitar bersama mahasiswa Fakultas Psikologi UMM. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Puluhan anggota Satpol PP Kabupaten Blitar mengikuti Workshop Kedisiplinan dan Management Stress yang digelar Mahasiswa Fakultas Psikologi UMM. Ini sengaja dilaksanakan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi para anggota Satpol PP dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Kabid SDA Satpol PP Kabupaten Blitar, Edi Wiyono mengatakan, manajemen EQ memang penting agar seluruh jajaran tidak penat, dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Dalam workshop ini, para mahasiswa memberikan contoh bentuk permainan sederhana, reward sewajarnya, yang menjadi bahan tertawa bersama kawan tugas. Ini salah satu proses relaksasi diri sesaat dari jeratan stress pekerjaan.

Edi juga mengatakan, disiplin tak melulu melekat pada karakter atau bawaan lahir seseorang. Namun disiplin juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan, organisasi dan dengan siapa interaksi dilakukan.

“Baik itu orang tua, kawan, pimpinan di kantor, semua bisa menjadi cermin apakah sikapnya bisa diteladani di masing-masing peranan sosialnya,” kata Edi, Selasa (27/10/2020).

Disisi lain kata Edi juga, ketidakjelasan tugas peran anggota organisasi, beban tugas berlebih, tidak seimbangnya kontrol dan balancing kinerja anggota, baik secara kualitas dan kuantitas, dapat menyebabkan stress.

“Suatu keadaan dimana seseorang tidak nyaman, terbebani, dalam kondisi tegang,” ungkapnya.

Karenanya kata dia, diperlukan manajemen waktu, latihan fisik dan relaksasi bersama anggota organisasi lainnya secara rutin oleh pimpinan organisasi, dalam rangka balancing jiwa dan raga demi memaksimalkan kinerja.

“Setiap kegiatan perlu disusun dengan sebaik-baiknya, agar setiap kegiatan yang dilakukan anggota berjalan dengan lancar dan sukses,” ujarnya.

Edi juga berharap, dari kegiatan ini, jadwal harian kerja yang padat dari Satpol PP, berada dalam suasana yang harmonis.

Workhsop tersebut digelar bersama mahasiswa UMM yang sedang melaksanakan KKN, di halaman parkir Kantor Satpol PP Kabupaten Blitar Jawa Timur. (Anang/Kmf/Adv)