Ini Dugaan Asal Penularan salah satu Bayi yang Positif Covid-19

Ini Dugaan Asal Penularan salah satu Bayi yang Positif Covid-19

04/06/2020 14:50 0 By Syakir

Hulondalo.id – Dua bayi yang terpapar covid-19, dan keduanya berasal dari Gorontalo Utara. Salah satu bayi sudah diketahui asal penularan, namun satunya lagi masih dalam pengembangan. Pasalnya, si ibu bayi hasil swabnya negatif, walaupun rapid test diawal dinyatakan reaktif.

Juru Bicara Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Gorontalo Utara dr. Mohammad Ardiansyah meluruskan, bayi positif covid-19 yang sebelumnya diumumkan berasal dari Ipilo oleh gugus tugas Provinsi Gorontalo, ternyata Desa Ipilo Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara.

Jadi total pasien covid-19 asal Gorontalo Utara ada 5 orang. Dengan rincian, 2 Paien Bayi, 1 Pasien Remaja 12 Tahun dan 2 Pasien Dewasa.

Nah, dari dua bayi tersebut, baru satu bayi yang berhasil diidentifikasi asal penularannya, yakni bayi laki laki pasien 107 insial AE, yang terpapar dari sang ibu yang juga positif corona, pasien ke 99.

Sedangkan, bayi perempuan pasien 108 yang juga lahir 28 Mei 2020, belum diketahui terinfeksi dari siapa. Soalnya, ibu si bayi hasil swab sementara dinyatakan negatif, walaupun diawal hasil rapid reaktif.

“Jadi Saat ini sementara di rumah NICU penanganan insentif bayinya. Ditangani gugus tugas Provinsi dan gugus tugas Kabupaten Gorontalo Utara kita tetap memantau perkembangannya,” tutur Ardiansyah atau akrab disapa dr. Ardi.

Ardi juga menuturkan, saat ini pihaknya tengah melakukan tracking kenapa bayi itu bisa dinyatakan positif, dan asal penularannya dari mana. Masih ada dugaan, si bayi itu terpapar dari ibunya yang rapid reaktif, walaupun hasil rapid belum tentu positif covid.

“Bisa juga dengan hal-hal lain, bisa didapatkan dari rumah sakit itu sendiri istilahnya kalau di kedokteran itu Nasokomea penyakit yang diperoleh dari rumah sakit itu sendirian, Tapi bisa juga karena ibunya, karena ibunya sudah reaktif sebelumnya, kenapa dia swabnya negatif karena mungkin kekebalan tubuhnya sudah bagus dan seterusnya,” sambung dr Ardi.

Kondisi bayi pada umumnya sehat. Tak cuma bayi, ibunya juga tengah ditangani RSAS mengingat sebelumnya kehamilan ibu tersebut sudah melewati tafsiran kehamilan atau yang biasa disebut dalam bahasa kedokteran sirutinus. (prin)