Ini Penampakan 7 Nelayan Gorontalo yang Nyasar di Laut Filipina

05/11/2019 22:04 0 By Alex

Tim SAR saat mengevaluasi 7 nelayan Gorontalo asal Desa Biluhu Tengah, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo yang sempat terombang-ambing hingga ke laut Filipina.(F. Eksklusif for Hulondalo.id)

Hulondalo.id – Sedikitnya 7 nelayan Gorontalo yang sempat dinyatakan sempat hilang dan ditemukan oleh kapal ikan di laut Filipina akhirnya tiba di Kabupaten Biak, Provinsi Papua, sekitar pukul 16.00 WIT, Selasa (5/11/2019).

Menurut informasi dari pihak keluarga yang diterima Hulondalo.id, proses evakuasi 7 nelayan ke wilayah Indonesia ini dibantu oleh Tim SAR serta Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Papua.

Mereka masing-masing Simin Lahabu (44), Tamrin Talib (47), Sarton Karim (44), Jafar Talib (37), Jupri Pago (20), Abdul Nurjen Karim (20) serta Pandri Kayiu (21).

“Alhamdulillah, tadi saya sudah terhubung dengan salah satu nelayan korban hanyut itu. Informasinya saudara KKIG yang ada di Papua sementara mengurus kepulangan mereka dari Sorong menuju Gorontalo,” kata Hongki Suleman.

Ditambahkan Hongki pula, para korban selamat yang seluruhnya nelayan asal Biluhu Tengah, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo itu saat ini masih dalam kondisi trauma pasca mengalami kejadian yang begitu besar dalam hidup mereka.

“Mereka semua keluarga saya yang selamat itu masih dalam keadaan trauma. Namun mereka mengonfirmasikan bahwa mereka, Alhamdulillah, dalam keadaan sehat walafiat,” tambah Hongki.

Terinformasi, 7 nelayan Gorontalo sedang menuju ke Kota Sorong, Papua. Selanjutnya, direncanakan paling cepat besok, Rabu (6/11/2019) akan diberangkatkan menuju Gorontalo.

Sebelumnya diberitakan, ke 7 nelayan ini hanyut saat melakukan aktivitas mencari ikan di perairan Papua pada 13 September 2019 silam. Naas, tali rumpon/rakit yang mereka tumpangi putus diterjang gelombang tinggi dan cuaca yang sangat ekstrim. Akibatnya rakit yang mereka tumpangi terombang ambing di lautan lepas hingga ke perairan Filipina.

Berikut ini penampakan kondisi 7 nelayan saat di evakuasi oleh tim SAR ketika tiba di Kabupaten Biak, Provinsi Papua, sore tadi sekitar pukul 16.00 WIT.

Nelayan asal Desa Biluhu Tengah, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo saat dievakuasi di Kabupaten Biak, Papua.(F. Ekslusif for Hulondalo.id)

Mereka belum bisa merunut kisah mereka karena trauma setelah terombang ambing di laut lepas hingga tembus perairan Filipina. (F. Ekslusif for Hulondalo.id)

Hanya ungkapan syukur kepada Yang Maha Esa setelah mereka berjuang bertahan hidup di laut lepas. (F. Ekslusif for Hulondalo.id)

Mereka sudah tak sabar ingin kembali ke kampung halaman mereka. (F. Ekslusif for Hulondalo.id)

(Jeff)