Ini Rincian 5 Usulan Strategis Gorontalo dalam RPJMN 2020-2024

Ini Rincian 5 Usulan Strategis Gorontalo dalam RPJMN 2020-2024

06/08/2019 11:34 0 By Alex

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim ketika memaparkan 5 isu strategis Gorontalo yang diusulkan terakomodir dalam penyusunan RPJMN 2020-2024 regional Sulawesi yang digelar di Manado, Selasa (6/8/2019)

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim memaparkan 5 usulan strategis di daerah dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 pada konsultasi regional Sulawesi di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (6/8/2019).

Adapun 5 isu strategis itu masing-masing pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, peningkatan perekonomian daerah, pengentasan kemiskinan, serta lingkungan hidup, pencegahan dan penanggulangan bencana.

“Usulan kegiatan RPJMN kita sinkronkan dengan 8 program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022,” jelas Wakil Gubernur Idris Rahim.

Jika dirinci, untuk pengembangan SDM terdiri dari 6 kegiatan. Diantaranya, pengembangan vokasi bidang keahlian pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata, serta pengembangan Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie dan rumah sakit kabupaten/kota.

Untuk bidang infrastruktur, masing-masing pembangunan jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) segmen III, jalan lintas penghubung antara Tolinggula-Marisa, pembangunan bandara Pohuwato serta penanganan dan pengentasan kawasan kumuh.

Sedangkan untuk menurunkan angka kemiskinan, berupa penambahan kuota Bantuan Pangan Non Tunai, PBI JKN dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Kami mengusulkan penambahan kuota BPNT dan PKH karena telah memberi kontribusi terhadap penurunan angka kemiskinan. Pada Maret 2018 angka kemiskinan berada diangka 16,81%, turun 1,29% menjadi 15,52% pada Maret 2019,” bilang Wakil Gubernur Idris Rahim.

Sementara untuk peningkatan perekonomian, antara lain pembangunan Waduk Bone Hulu dan Bulango Ulu, pembangunan industri pangan jagung dan pengembangan destinasi wisata.

Di bidang lingkungan hidup, pencegahan dan penanggulangan bencana, meliputi revitalisasi Danau Limboto dan Danau Perintis, pengendalian dan rehabilitasi lahan kritis, serta pengembangan TPA Talumelito dan pembangunan Kebun Raya Gorontalo.

“Seluruh usulan ini kami harapkan terakomodir dalam RPJMN 2020-2024 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan kemiskinan dan pengangguran. Sehingga pada akhirnya kesejahteraan masyarakat Gorontalo meningkat,” pungkas dia.(usman)