Ini Upaya Dewi Nani Beri Perlindungan bagi Perempuan & Anak

Ini Upaya Dewi Nani Beri Perlindungan bagi Perempuan & Anak

10/12/2019 15:23 0 By Maman

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gorontalo Dewi Nani.

Hulondalo.id- Perlindungan terhadap perempuan dan anak tidak bisa dibebankan pada satu instansi saja. Perlindungan maupun persoalan yang dihadapi perempuan dan anak, perlu melibatkan semua pihak.

Dewi Nani, diantara perempuan yang setiap hari turun ke desa di Kabupaten Gorontalo, menyampaikan secara langsung juga mengedukasi pentingnya perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Turun ke desa ini juga, dalam rangka menciptakan iklim yang aman bagi perempuan dan anak. Dua kaum yang rawan diskriminasi dan pelecehan.

Ditemui Hulondalo.id di ruang kerjanya Selasa (10/12/19), tak sedikitpun gurat lelah diraut cantiknya. Orang nomor satu di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gorontalo ini, dengan gamblang mengungkap upaya terkait edukasi dan advokasi kepada perempuan dan anak.

“Setiap hari saya ke desa-desa, sosialisasi tentang perlindungan perempuan dan anak,” tutur Dewi mengawali wawancara.

Upaya Dewi menuai respon positif. Bahkan beberapa desa yang dikunjunginya, memasukkan perlindungan perempuan dan anak ke program desa masing-masing.

Tak hanya didesa, Dewi juga aktif mendatang sekolah-sekolah.

“Kami lihat, ketika ada siswa yang bermasalah, ada sekolah takut turun prestisenya, padahal yang menjadi fokusnya adalah bagaimana menangani hal ini,” ungkapnya.

“Sudah banyak yang menjustifikasi, nah disinilah kewajiban kami untuk memberikan edukasi sehingga kejadian serupa tidak terulang,” tambahnya.

Terkait pemberian sanksi, menurut Dewi, bukannya tidak penting, namun lebih baik sanksinya bersifat edukasi.

“Jangan dikeluarkan, dalam UU 35 saja, anak-anak di dalam lapas kita sekolahkan, nah ini mau kita keluarkan,” kata Dewi. (Ika/Adv)