Ini yang Bikin Bonebol Diganjar Pelaksana Tata Ruang Terbaik di Indonesia Timur

08/11/2019 00:22 0 By Alex

Menteri ATR RI Sofyan Djalil saat menyerahkan penghargaan kepada Bupati Bonebol Hamim Pou atas kinerja penyelenggaraan Tata Ruang Terbaik Tahun 2019.

Hulondalo.id – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI secara resmi memberikan penghargaan kepada sejumlah daerah yang dinilai berhasil dalam kinerja penyelenggaraan Tata Ruang Terbaik Tahun 2019.

Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang mendapatkan penghargaan itu. Penghargaan pun diberikan langsung oleh Menteri ATR RI Sofyan Djalil kepada Bupati Bonebol Hamim Pou di gedung Kementerian ATR, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

“Ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja kepala daerah yang sukses dan serius melakukan penataan ruang yang baik di daerahnya,” ketus Menteri ATR RI Sofyan Djalil.

Dia berharap, penghargaan itu dapat menjadi pendorong bagi kepala daerah lainnya untuk lebih serius dalam menata daerah yang dipimpinnya. Bahkan, mulai tahun depan Menteri ATR akan memberikan reward khusus melalui Dana Insentif Daerah (DID) untuk kepada daerah yang serius dalam hal tata ruang.

Sementara itu, Bupati Bonebol Hamim Pou menyebut bahwa pihaknya menjadikan persoalan tata ruang menjadi skala prioritas di daerahnya.

“Tata ruang menjadi fokus kami, integrasi kawasan pariwisata dengan kawasan pemerintahan, kami atur sedemikian rupa agar aksesnya mudah,” begitu kata Hamim.

Bupati Bonebol Hamim Pou usai menerima penghargaan atas kinerja penyelenggaraan Tata Ruang Terbaik 2019.

Hamim juga menyambut baik rencana Menteri ATR untuk menyediakan reward khusus berupa DID bagi daerah yang serius dalam hal tata ruang.

“Itu (DID) diperlukan daerah untuk mengembangkan perencanaan tata ruang yang melibatkan komunitas-komunitas yang bergerak di bidang tata ruang. Saya ucapkan terima kasih kepada Menteri ATR atas penghargaan ini dan kami akan mempertahankannya,” tandas dia.(Alex)