Insentif Nakes di Kabupaten Gorontalo Rp 7 Miliar Lebih Segera Dibayarkan

Insentif Nakes di Kabupaten Gorontalo Rp 7 Miliar Lebih Segera Dibayarkan

19/07/2021 20:58 0 By Maman

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Rony Sampir

Hulondalo.id – Pemkab Gorontalo segera membayarkan insentif Tenaga Kesehatan (Nakes), sebesar Rp 7 miliar lebih. Sebelumnya kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Rony Sampir, pembayaran ini sempat dikoreksi oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo.

Kepada awak media, Rony menjelaskan, keterlambatan pembayaran insentif terhadap tenaga kesehatan dikarenakan beberapa hal. Diantaranya. terkait kelengkapan administrasi.

“Sebelumnya, Puskemas sudah mengajukan klaim insentif, namun masih ada supervisi dari BPK Provinsi Gorontalo, hal ini menjadi kendala,” kata Rony, Senin (19/07/2021).

Lebih lanjut Rony menjelaskan, dari hasil pemeriksaan BPK Provinsi Gorontalo, masih terdapat kesalahan administrasi, utamanya tentang tata cara perhitungan insentif serta klaim.

“Untuk perbaikan, klaim kami sudah dikembalikan guna diperbaiki kembali,” ungkap Rony.

Ia menambahkan, rapat evaluasi bersama tim Satgas juga sudah dilakukan. Pembayarannya kata dia, tergantung  dari pasien yang ditangani nakes.

Jika pasiennya tidak ada, maka mereka tak bisa menagih, sebab insentif nakes itu terkait dengan pelaksanaan dilapangan terkait pemantauan, evaluasi isolasi mandiri dan sebagainya,” ujar Rony.

“Pembayaran akan dilakukan pekan depan, kami segera mengajukan hal ini ke keuangan, sehingga insentif segera cair sesuai dengan target kita, anggaran pembayaran insentif sebesar Rp 7 miliar lebih,” tandas Roni. (Pin/Adv)