Intervensi Pemprov, Dorong Pertumbuhan Sektor Perikanan di Gorontalo

Intervensi Pemprov, Dorong Pertumbuhan Sektor Perikanan di Gorontalo

19/02/2020 10:47 0 By Syakir

Teni Abdul (kaos coklat) saat berbincang dengan Jubirsus Gubernur Gorontalo, Novaliansyah Abdussamad.

Hulondalo.id – Teni Abdul (50) merasakan betul, manfaat bantuan sepeda motor lengkap dengan kotak pendingin ikan, dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada Pak Gubernur, dulu saya pakai sepeda dari Potanga ke Pelelangan Ikan kemudian berputar-putar dan berkeliling untuk menghabiskan jualan ikan saya” kata Teni.

Dulu sebelum dapat bantuan motor, Teni harus menempuh jarak yang cukup jauh, dari Kecamatan Dungingi ke pelelangan ikan. Belum lagi, harus keliling jualan.

“Kalau dulu memakan waktu untuk menjual ikan, sekarang Alhamdulillah bisa mudah dan cepat waktunya saya menjual ikan yang saya beli dari tempat pelelangan ikan”. Tambahnya.

Menurut Juru Bicara Khusus Gubernur Gorontalo, Noval Abdussamad, hingga akhir 2019, sedikitnya ada 445 unit bantuan sepeda motor dan cool box yang digelontorkan pemerintahan Rusli Habibie – Idris Rahim.

Dalam rilisnya, Noval menambahkan, Intervensi program dari hulu ke hilir sektor perikanan dan kelautan oleh pemerintah provinsi gorontalo sejatinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mulai dari fasilitas pelabuhan, armada tangkap, pemasaran perikanan dan berbagai program gratis untuk merangsang konsumsi ikan ditingkat masyarakat.

Berdasarkan data tahun 2019, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir produksi perikanan tangkap mengalami peningkatan 136.157 ton menjadi 148.953 ton dan jika dibandingkan sejak tahun 2012 maka kenaikannya sangat fantastis sebesar 73,75 persen dari produksi saat itu sebesar 85,815 ton per tahun. (man/adv)