Jabatan Wabup Berakhir, Kilat Wartabone Dilepas dengan Adat “Mopotolungo”

Jabatan Wabup Berakhir, Kilat Wartabone Dilepas dengan Adat “Mopotolungo”

28/02/2021 23:43 0 By Jeffry

Prosesi adat Mopotolungo Wakil Bupati Bone Bolango periode 2016-2021, Mohamad Kilat Wartabone bersama istri tercinta Ulfa K. Wartabone.(F.AKP)

Hulondalo.id – Suasana sakral menghiasi pelepasan Wakil Bupati Bone Bolango (Bonebol) periode 2016-2021 Mohamad Kilat Wartabone. Dirinya bersama Istri Ulfa Komendangi dilepas dengan upacara adat Mopotolungo dari Yiladia Wakil Bupati menuju kediaman pribadi, Ahad (28/2/2021).

Dalam kesempatan itu, Sekda Bonebol, Ishak Ntoma, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Mohamad Kilat Wartabone atas dedikasi yang telah diberikan dan mampu berkolaborasi dengan baik bersama Bupati Hamim Pou selama memimpin Kabupaten Bonebol 7 Tahun lamanya.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Wabup selama menjabat, banyak hal yang telah pihaknya peroleh baik dari tutur kata, perilaku, sikap, kesantunan, dan kearifan.

Dimana kata dia, berbagai kebijakan tersebut sangat berarti, bernilai dan bermakna untuk menentukan bagaimana berbuat, bersikap, bertindak dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang senantiasa melayani pemerintahan di Kabupaten Bone Bolango.

“Olehnya, Atas nama pemerintah daerah dari lubuk hati yang paling dalam, kami mengucapkan terima kasih atas bimbingan, petunjuk dan kasih sayang bapak kepada kami selama ini,” ujar Sekda.

Dalam kesempatan itu pula, Sekda Ishak Ntoma turut menyatakan permohonan maaf, jika selama menjadi Wabup Bonebol terdapat banyak hal yang telah dilakukan yang mungkin tidak berkenan, membuat sakit hati dan marah Mohamad Kilat Wartabone.

“Dalam kesempatan yang sangat mulia ini izinkanlah kami semua dari lubuk hati yang paling dalam menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak dan sekeluarga yang pada hari ini telah dilakukan prosesi Mopotolungo,” ucap Sekda Ishak.

Terakhir kata Sekda, sebagai keluarga leluhur pahlawan nasional, dirinya mendoakan Kilat Wartabone bersama keluarga agar dinaungi keselamatan dan kesehatan dan senantiasa diberikan karunia dan rahmat dari Allah SWT.

Sebab kata dia, pengorbanan keluarga besar almarhum Pahlawan Nasional H. Nani Wartabone telah menginspirasi dan menjadikan insan-insan yang mengabdi tanpa pamrih, yang berjuang yang penuh keikhlasan, yang berkorban demi membangun daerah, dan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Olehnya, dalam doa ini senantiasa teriring juga kepada bapak Mohamad Kilat Wartabone dan keluarga. Semoga senantiasa dalam lindungan dan rahmat Allah SWT,” tandasnya. (Jeff/Adv).