Jadi Pilot Project, BI Dorong Komunitas Pasar Liluwo Kota Gorontalo Pakai QRIS

Jadi Pilot Project, BI Dorong Komunitas Pasar Liluwo Kota Gorontalo Pakai QRIS

10/03/2021 15:04 0 By Alex

Bank Indonesia QRIS

ilustrasi transaksi digital./F. Smart Money

Hulondalo.id – Bank Indonesia kian gencar melakukan sosialisasi implementasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Gorontalo.

Yang teranyar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Gorontalo telah menggandeng komunitas pasar Liluwo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo sebagai pilot project pasar tradisional yang mengimplementasikan QRIS di Provinsi Gorontalo.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto mengatakan, QRIS merupakan sebuah dompet digital yang akan membantu para pelaku UMKM, industri jasa maupun non jasa dalam melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai.

Selain itu akan membantu upaya pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 karena transaksi melalui QRIS akan menghindari kontak langsung antara produsen dan konsumen.

“QRIS ini bahkan dapat membantu kegiatan usaha bapak ibu sekalian karena transaksinya, arus keluar masuk uang semuanya tercatat dalam aplikasi,” kata Budi saat membuka kegiatan Partisipasi Edukasi Publik QRIS kepada 25 pedagang pasar dan 45 UMKM yang tergabung dalam komunitas pasar Liluwo, Kota Gorontalo, Rabu (10/3/2021).

Saat ini, Bank Indonesia menargetkan 12 Juta pelaku UMKM sudah menerapkan QRIS pada Tahun 2021 ini. Khusus di Gorontalo, KPw BI menargetkan 15.474 UMKM sudah menerapkan QRIS.

“Ke depan, mau tidak mau QRIS ini akan menjadi tren. Kami sudah bertemu pimpinan daerah untuk menciptakan ekosistem QRIS di lingkungan ASN. Nanti juga QRIS akan menyasar lembaga-lembaga keagamaan. Jadi, kalau mau infaq, zakat, sedekah, bisa langsung melalui QRIS, bahkan dari jarak jauh pun bisa,” sambung Budi.

Pada kegiatan Partisipasi Edukasi Publik QRIS, pihak KPw BI akan melatih komunitas pasar tradisional Liluwo Kota Gorontalo tersebut tentang bagaimana cara menggunakan dompet digital, mulai dari top up hingga melakukan transaksi melalui QR Code sekaligus akan dipraktikkan pada aktivitas perekonomian di pasar tradisional itu.(alex)