Jadikan Ibukota Provinsi Gorontalo 2021 Bebas Banjir, Begini Upaya Dinas PUPR

Jadikan Ibukota Provinsi Gorontalo 2021 Bebas Banjir, Begini Upaya Dinas PUPR

15/07/2020 01:28 0 By Alex
Banjir Gorontalo

Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto saat memimpin rapat koordinasi penanganan banjir ibukota, Selasa (14/7/2020).

Hulondalo.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) optimis akan mewujudkan ibukota Provinsi Gorontalo bebas banjir tahun 2021 mendatang.

Dinas PUPR Provinsi Gorontalo pun tidak akan sendiri menangani masalah banjir di ibukota. Mereka pun menggandeng sejumlah instansi terkait diantaranya, Bapppeda Provinsi Gorontalo, Dinas PUPR Bone Bolango dan Kota Gorontalo, Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II Gorontalo, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Gorontalo hingga Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kami duduk bersama dalam rangka penanggulangan genangan air dan banjir di Kota Gorontalo, mencari solusi yang tepat untuk mengatasi banjir dan genangan air, sekaligus mewujudkan ibukota Provinsi Gorontalo bebas banjir dan genangan air Tahun 2021,” ujar Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto, Selasa (14/7/2020).

Dari pertemuan tersebut telah menghasilkan sejumlah rencana kerja pada Tahun 2021 yang akan dilaksanakan oleh setiap instansi terkait sesuai dengan kewenangannya.

“Contohnya, siapa yang memiliki kewenangan pembangunan saluran primer atau saluran pembuangan akhir? Siapa yang melaksanakan pembuatan saluran sekunder? Atau siapa yang nantinya melaksanakan pembangunan saluran pembuangan tersier atau saluran lingkungan?,” terang Handoyo.

Selain itu, Bappeda Kota Gorontalo juga akan membuat master plan dari keseluruhan sistem drainase di Kota Gorontalo. Setelah itu akan ditindaklanjuti oleh Dinas PUPR Provinsi Gorontalo dengan memprogramkan pembuatan normalisasi saluran.

“Dari pihak BWSS juga akan segera melakukan pembangunan untuk sungai serdadu dan serta sungai Tamalate. Sedangkan Dinas PUPR Kota Gorontalo akan melaksanakan pembangunan saluran sekunder di beberapa titik,” terang Handoyo.

Dia pun berharap, perencanaan tersebut bisa langsung dilaksanakan sehingga rencana aksi menjadikan Kota Gorontalo sebagai ibukota provinsi bebas banjir dapat segera terwujud.(adv/Alex)