Jalan & Jembatan Lahumbo Boalemo Rusak

Jalan & Jembatan Lahumbo Boalemo Rusak

11/03/2021 12:39 0 By Maman

Jalan Lahumbo Rusak DPRD Provinsi Gorontalo

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo saat meninjau kondisi jalan dan jembatan Lahumbo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Ismail Alulu meminta, pemerintah daerah menseriusi kerusakan jalan dan jembatan Lahumbo Boalemo. Tak hanya untuk kelancaran transportasi, sektor perekonomian ikut terdampak dari kondisi tersebut.

“Sebelumnya jalan ini kewenangan dari kabupaten, sekarang sudah berpindah ke provinsi,” ujar Ismail yang juga Anggota Tim Reses Dapil VI saat meninjau jalan tersebut. Rabu (10/3/2021).

Ismail juga mengatakan, mulai dari simpang tiga Desa Lahumbo menuju ruas jalan nasional lintas Trans Sulawesi, kini kondisinya rusak termasuk jembatan penghubung tak bisa digunakan lagi.

Jembatan tersebut kata Ismail, akses utama trans Sulawesi yang melewati ibukota Kabupaten Boalemo.

“Kita berharap, pemerintah daerah segera memperbaikinya, sehingga akses masyarakat bisa lancar, dan ini akan kami seriusi serta evaluasi sudah sejauh mana realisasi pengusulannya,” ungkap beberapa anggota tim reses lainnya.

Apalagi kata Ismail, peningkatan ruas jalan Tilamuta ini, akan berefek positif terhadap perekonomian masyarakat. Sehingganya, dia menyambut baik peralihan kewenangan pengelolaan jalan dari Kabupaten ke Provinsi Gorontalo, apalagi jalan ini akan di alihkan menjadi status jalan Nasional.

“Peralihan tersebut perlu dilakukan untuk mempercepat perbaikan ketika terjadi kerusakan,” jelas Ismail.

Sementara itu, Plt. Bupati Boalemo, Anas Jusuf dalam acara tatap muka tim reses dapil VI Boalemo & Pohuwato mengatakan, jalan dan jembatan Lahumbo memang sepantasnya menjadi jalan nasional.

“Usulan sudah disampaikan ke kementerian, baik itu pemetaan dan kepastian kondisi jalan jembatan, namun hingga kini belum ada jawaban dari kementerian,” ujar Anas. (MG01/Adv)