Jamaah Haji Kloter 28 – 29 Tahun 2017 Kota Gorontalo Gelar Halal Bihalal

Jamaah Haji Kloter 28 – 29 Tahun 2017 Kota Gorontalo Gelar Halal Bihalal

21/04/2019 18:55 0 By Maman

Rifli Katili Kadis Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo bersama Kudrat Dukalang Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo saat menghadiri acara silaturahim dan halal bihalal jamaah haji kota Gorontalo kloter 28 dan 29, di mess Haji Kota Gorontalo.

Hulondalo.id – Banyak cara yang dilakukan untuk mempererat silaturahim dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. Diantaranya melaksanakan kegiatan halal bi halal.

Seperti yang dilakukan Jamaah Haji Kloter 28 dan 29 Kota Gorontalo tahun 2017 yang menggelar Halal Bi Halal dan Silaturahim Minggu (21/4/2019), di Mess Haji Kota Gorontalo.

Halal bi halal ini kata Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo Rifli Katili mengangkat tema, tetap menjalin silaturahim untuk kemaslahatan umat dan negara, merupakan agenda penting dalam rangka mempererat hubungan silaturahim dan kasih sayang antar manusia.

Rifli juga mengatakan, halal bi halal menunjukkan bahwa betapa pentingnya menjalin tali persaudaraan antar para jamaah haji. Tidak hanya itu, halal bihalal juga, untuk menjalin silaturahim demi kemaslahatan umat dan bangsa.

“Untuk mempererat persaudaraan. Kebersamaan jamaah tidak hanya terjadi ketika berada di tanah suci tetapi setelah kembali ke tanah air tetap berada dalam ikatan kebersamaan yang bersifat silaturahim,” kata Rifli Katili.

Rifli Katili juga menambahkan, dirinya juga mendorong agar jamaah haji di kota Gorontalo kloter 28 dan 29, yang berjumlah sekitar 350 orang untuk membentuk organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). “Seperti jamaah haji yang ada di kabupaten Gorontalo,” ujarnya.

Sementara itu, inti kegiatan halal bihalal ada tiga, ungkap Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Kudrat Dukalang dalam ceramahnya, yakni meminta maaf, memberi maaf, dan menjaga ukhuwah persaudaraan.

“Menyambung tali silaturahim sebelum menghadapi bulan suci ramadhan sangat baik,” jelas Kudrat Dukalang.

Terakhir, dirinya berpesan kepada seluruh jamaah agar tetap menjaga sedekah kepada orang lain, menebarkan kebaikan antar umat Islam. “Serta saling mendoakan kebaikan antar sesama manusia,” pungkasnya. (rinto)