Jamur Crispy Curi Perhatian di Gorontalo Culinary Expo GKK 2019

06/10/2019 11:30 0 By Yadin

stand milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan UPTD KPH Wilayah Boalemo.

Hulondalo.id – Dari sekian banyak stand yang berada di Gorontalo Culinary Expo dalam rangkaian Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2019, ada salah satu stand yang cukup menarik perhatian pengunjung, yakni stand milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan UPTD KPH Wilayah Boalemo.

Sebagian besar stand diisi dengan berbagai pakaian hingga olahan makanan, nah menariknya stand yang satu ini justru diisi dengan hasil budidaya jamur Tiram dan Merang.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hendro Susetyo saat diwawancarai Reporter Hulondalo.id menerangkan, bahwa budidaya jamur yang dipamerkan dalam stand tersebut merupakan hasil karya para petani yang ada di Desa Wonosari, Boalemo.

“Kebetulan masyarakat kami di sana banyak yang merambah hutan, jadi dari kami ada program untuk memberdayakan masyarakat agar dapat memiliki penghasilan yang mandiri, salah satunya lewat budidaya jamur ini. Sehingga jamur yang tadinya hanya tumbuh dan terdapat di pohon maupun kayu yang ada di hutan, maka itu diambil jadi bibit lalu kemudian dibudidayakan,” jelasnya.

Budidaya jamur tersebut kemudian diolah menjadi berbagai macam makanan, dimana salah satunya ialah Jamur Crispy yang saat itu digoreng langsung di stand tersebut oleh ibu-ibu Dharma Wanita Kabupaten Boalemo.

“Jadi Jamur-jamur tersebut saat sudah tumbuh cantik kemudian dipetik, dibersihkan dan diiris-iris. Untuk memperoleh hasil yang lebih matang maka prosesnya direbus terlebih dahulu, kemudian diberi tepung lalu digoreng seperti ini,” jelas Hendro Susetyo sambil memperlihatkan Jamur Crispy yang baru saja digoreng.

Selain itu juga ada Jamur Crispy yang sudah dipacking dan siap jual dengan kisaran harga mulai Rp10 ribu atau tergantung dari berat berapa gramnya.

Hendro Susetyo pun menambahkan, dengan mengikuti event tersebut dirinya berharap agar budidaya jamur yang ada di Kabupaten Boalemo tersebut dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat di Gorontalo.

Tak hanya sekedar melihat, kepada reporter Hulondalo.id Hendro Susetyo pun mempersilahkan untuk dapat menyicipi Jamur Crispy hasil budidaya jamur tersebut. Dan setelah dicicipi, rasanya seperti tidak sedang makan jamur, malah justru seperti ayam goreng.

Nah, untuk sobat Hulondalo yang tertarik untuk mencicipi jamur crispy hasil budidaya jamur oleh petani yang ada di Desa Wonosari Kabupaten Boalemo, jangan lewatkan untuk mengunjungi stand Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup yang ada di Gorontalo Culinary Expo ya. Jangan sampai kelewatan karena expo tersebut akan berakhir pada malam hari nanti (6/10/2019) sekaligus sebagai malam puncak penutupan rangkaian GKK 2019. (adv/tri)

Galeri Jamur Crispy

loading...