Jangan Anggap Remeh, Sehari 3 Kali Kebakaran di Lokasi Ini

Jangan Anggap Remeh, Sehari 3 Kali Kebakaran di Lokasi Ini

04/03/2019 21:23 0 By Alex

kebakaran limboto

Kebakaran lahan yang terjadi di Kelurahan Bolihuwangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo sekitar pukul 11.08 Wita.

Hulondalo.id – Hari ini, Senin (4/3/2019), unit pemadam kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Gorontalo memang super sibuk. Setidaknya, mereka harus merespon cepat 3 kali peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah operasinya. Meski tidak ada korban jiwa, petugas Damkar berharap agar masyarakat jangan menganggap remeh segala potensi yang bisa menyebabkan kebakaran.

“Kami berharap agar masyarakat harus berhati-hati, waspada dan tidak menganggap remeh setiap potensi yang bisa menyebabkan kebakaran,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku melalui Kepala UPTB Damkar, Farid Taha.

Selama seharian ini, setidaknya terjadi 3 kali peristiwa kebakaran. Yang pertama terjadi pada pukul 04.55 Wita dimana tempat usaha batu bata terbakar karena diduga pengelolannya kurang waspada. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu namun insiden sebelum qomad subuh itu sempat membuat geger warga Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto.

Peristiwa kedua terjadi di Kelurahan Bolihuangga, Kecamatan Limboto, sekitar pukul 11.08 Wita. Sebuah lahan kosong yang berdekatan dengan pemukiman warga dan sekolah ini terbakar hebat. Kebakaran tersebut membuat penguhi SDN 14 Limboto itu histeris karena api semakin mendekat. Beruntung 3 unit mobil Damkar dengan cepat ke lokasi untuk menjinakkan si jago merah.

kebakaran limboto

Kebakaran di tempat pengolahan daun woka di Desa Huidu Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo sekitar pukul 14.18 Wita.

Sedangkan peristiwa yang ketiga masih akibat kelalaian. Sekitar pukul 14.18 Wita, kebakaran terjadi di Desa Huidu Kecamatan Limboto Barat. Kebakaran terjadi akibat kurang waspada mengawasi tempat pengolahan daun woka oleh pemiliknya, Hamzah Razak. Akibatnya, pondok tempat pengolahan daun woka tersebut rata dengan tanah akibat terbakar hebat.

“Alhamdulillah, 3 kali peristiwa kebakaran hari ini tidak ada korban jiwa,” ujar Farid sembari mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi yang bisa menyebabkan kebakaran.

Farid juga berharap warga menyimpan nomor piket 24 jam Damkar Kabupaten Gorontalo yakni 0812 4354 4431, 0853 9979 9400, dan 0435 883 3333.(alex)