“Jangan hanya Ternak yang Dicari, Anaknya Tak Pulang Jam 12 Malam Tidak Dicari”

“Jangan hanya Ternak yang Dicari, Anaknya Tak Pulang Jam 12 Malam Tidak Dicari”

12/11/2019 08:54 0 By Alex

 

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat kegiatan pembinaan di SMA Negeri 1 Gorontalo.

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyindir sikap para orangtua yang seakan tidak peduli lagi dengan aktivitas anak-anaknya, menyusul berbagai kejadian kenakalan remaja yang meresahkan warga Gorontalo belakangan ini.

Bahkan saking kesalnya dengan fenomena itu, Gubernur Rusli Habibie mengibaratkan orangtua lebih perhatian terhadap hewan ternak daripada anak-anaknya.

“Anak yang tidak pulang di atas jam 10 malam tidak dicari. Sementara hewan ternak dicari dan dipelihara sepenuh hati,” sindir Gubernur Rusli Habibie saat pembinaan bersama Kapolda Gorontalo dan Danrem 133/Nani Wartabone di SMA Negeri 1 Gorontalo, Senin (11/11/2019).

“Saya minta untuk orangtua, tolong pak, tolong bu, dimonitor anaknya! Jam 10 malam belum pulang tolong dicari! Jangan ayam, anak kambing tidak pulang dicari-cari. Anaknya tidak pulang jam 12 malam malah tidak dicari,” tegas Rusli.

Ditegaskan Gubernur Rusli Habibie pula, pengawasan anak tidak cukup hanya dilakukan oleh guru dan aparat. Orangtua dan lingkungan rumah diharapkan menjadi garda terdepan untuk membina anak-anak.

“Saya sangat serius soal ini, karena menyangkut masa depan bangsa. Narkoba, miras dan lain-lain lebih jahat dari teroris. Pernah Gorontalo urutan kelima narkoba. Bayangkan penduduknya sedikit, urutan kelima!,” tegas Rusli kesal.

Selain itu, kenakalan remaja usia sekolah sangat kontraproduktif dengan upaya pemerintah memajukan sumber daya manusia. Bagaimana tidak, pendidikan sudah digratiskan sejak tahun 2012. Kualitas dan kesejahteraan guru juga ditingkatkan. Namun anehnya, tidak sejalan dengan sikap anak didiknya.

“Kita sudah bangun SPN (Sekolah Polisi Negara), tahun depan ada juga Secaba (Sekolah Calon Bintara TNI). Itu siapa nanti yang sekolah di situ? Ya..kalian pelajar ini yang kami siapkan. Tapi kalau kalian merokok, narkoba, miras mau jadi apa kalian!?,” tegas Rusli di hadapan ribuan siswa, guru dan orang tua.(adv/alex)