Jangan Sepelekan Covid, Gubernur Gorontalo Ingatkan Warga Patuhi Prokes

Jangan Sepelekan Covid, Gubernur Gorontalo Ingatkan Warga Patuhi Prokes

19/08/2021 21:20 0 By Syakir

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat penyaluran BPL3G di Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, Kamis (19/8/2021)

Hulondalo.id – Pandemi covid-19 belum juga usai. Tak cuma kesehatan, berbagai sektor lainnya terseok seok dibuatnya. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun mengingatkan warga agar tidak melonggarkan protokol kesehatan apalagi sampai meremehkan covid-19.

Dihadapan masyarakat Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie bercerita soal bagaimana dirinya beberapa pekan sebelumnya, sempat terpapar covid-19. Padahal, dirinya memberlakukan prokes sangat ketat.

Nah, dengan prokes seketat itu saja bisa terpapar. Bagaimana dengan mereka yang nekat keluar rumah tanpa masker, tidak jaga jarak saat di keramaian hingga enggan mencuci tangan.

“Covid-19 ini belum ada yang bisa menentukan kapan dia akan berakhir. Saat ini tingkat kematian di Gorontalo tertinggi, hampir setiap hari 7-10 orang meninggal karena covid-19. Teman saya bupati dan walikota sudah banyak yang meninggal karena covid-19,” kata Gubernur saat penyaluran Bantuan Langsung Pangan Pemerintah Provinsi Gorontalo (BPL3G), Kamis (19/8/2021).

Gubernur yang akan segera mengakhiri periode keduanya itu juga menjelaskan soal bagaimana penanganan covid-19, menyerap porsi anggaran begitu besar. Sampai sampai pembahasan APBN 2022 pun, fokusnya masih ke covid-19.

“Anggaran jalan, perikanan pertanian terganggu semua hanya untuk menanggulangi covid-19. Jadi saya himbau masyarakat turuti dulu petunjuk pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kota, camat, desa lurah, bhabinsa, polsek untuk masalah covid-19 ini. Jangan pandang enteng dan jangan main main,” terang Rusli.

Rusli pun menghimbau seluruh pemangku kepentingan, mulai dari camat, kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di desa untuk mengajak warganya agar menerapkan 3 M, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, serta mensosialisasikan pentingnya vaksinasi agar kekebalan kelompok bisa terbentuk.

Selain penyaluran BLP3G bagi 3.137 keluarga penerima manfaat (KPM), Gubernur Rusli Habibie yang didampingi Istri Idah Syahidah, juga menyerahkan bantuan masker dan handsanitizer kepada Camat Dungaliyo. (adv)