Jangan Suudzon, Tetaplah Husnudzon

05/08/2019 12:36 0 By admin

Novalliansyah Abdussamad
, Brebes, 11 Juli 2019

Dari Bandung menuju Kabupaten Kuningan, rombongan berhenti dan rehat sejenak di Warung Ayam Goreng dan Ayam Bakar, Brebes. Selain untuk mengisi kebutuhan “kampung tengah” alias perut, tempat itu ternyata adalah tempat makan Gubernur Rusli sejak muda bersama istri tercinta Idah Syahidah.

Semeja bersama dan berhadapan dengan Kepala Badan Keuangan, Staf Khusus Bidang Politik serta Juru Bicara Gubernur. Disamping Gubernur, ada istri tercinta yang setia mendampingi.

Sambil menunggu makanan tersaji, Gubernur bercerita tentang pemerintahan yang dipimpinnya dan seputar kegiatan di Jawa Barat. Disela itu pula Gubernur berbagi kisah bahwa Warung Makan Brebes ini nyaris tak ada yang berubah.

Lokasi, bentuk dan suasananya sama seperti dulu saat dirinya banyak menghabiskan waktu muda di Bandung, paling penting, soal rasa yang tak pernah berubah dan menjadi ciri khas Warung Makan Brebes.

Idah Syahidah seringkali tersenyum mendengarkan cerita suaminya, apalagi saat mengingat masa muda saat suaminya menjadi mahasiswa. Spontan Idah tegas mengatakan bahwa suaminya itu adalah lelaki yang sangat bertanggungjawab.

Selesai istrinya berbagi cerita, Gubernur Rusli kembali mengajak untuk berdiskusi tentang ide dan gagasannya dalam membangun Gorontalo.

Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie

Ada pesan sekaligus nesehat yang membuat orang disekelilingnya terdiam, “Jangan Suudzon” dan “berbuatlah untuk rakyat” kalimat inilah yang membuat saya terdiam dan kembali introspeksi diri.

Sebagai seorang jubir, saya memahami keikhlasan dan ketulusannya dalam membangun Gorontalo.
Hati, jiwa dan pikirannya hanya untuk daerah yang sangat dicintainya ini.

Rusli tak perduli dengan kritikan, karena dirinya bukanlah pemimpin yang “alergi” dengan kritikan. Bagi Rusli, semua telah dijawab dengan karya nyata untuk Gorontalo, justru sebaliknya jika kita selalu menebar kebencian dan selalu berprasangka buruk, maka keburukan pula lah yang akan kita terima.

Saya sangat percaya dan meyakini bahwa selain produk kebijakan yang pro rakyat, penting untuk tetap menjaga dan merawat hati agar tetap berprasangka baik, karena hati yang bersih akan memberikan dampak positif bagi segala sesuatu yang kita perbuat dan orang-orang disekitarnya dan pada akhirnya, kebaikan pula lah yang akan kita terima.

Hati yang bersih, selalu berprasangka baik dan program-program kerakyatan adalah kekuatan Rusli Habibie. Semoga Allah SWT terus memberikan kesehatan dan kekuatan kepadanya selama memimpin Gorontalo.

Amin Ya Rabbal Alamin.

loading...