Januari-Agustus 2020, HIV/AIDS di Gorontalo Tambah 46 Kasus

Januari-Agustus 2020, HIV/AIDS di Gorontalo Tambah 46 Kasus

19/09/2020 14:55 0 By Maman

Hulondalo.id – Januari hingga Agustus 2020, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mencatat, terdapat 46 kasus baru. Rinciannya, 24 kasus HIV dan 22 AIDS. 14 orang diantaranya meninggal. Total, kasus HIV/AIDS di Provinsi Gorontalo mencapai 591.

Kepala Seksi Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Irma Cahyani Ranti mengatakan, dimasa pandemi Covid-19 saat ini penyebaran virus HIV/AIDS di Provinsi Gorontalo cukup memprihatinkan.

“Khususnya untuk kasus kematian yang tercatat yakni, 14 orang ditahun 2020,” kata dr. Irma, Jumat (18/09/2020).

Dari 46 kasus tersebut kata dia, hanya 32 orang yang rutin berobat, dan 2 orang belum melakukan pengobatan. dr. Irma juga mengatakan, beberapa orang yang telah terkonfirmasi positif pada pemeriksaan pertama dua tahun sebelumnya, hingga kini tidak melakukan pemeriksaan lagi.

Pemeriksaan lanjutan kata dr. Irma, untuk memastikan apakah benar-benar HIV atau bukan. Bahkan kata dia, petugas pernah mendatangi rumah yang bersangkutan, tetapi menolak untuk diperiksa. Karenanya, ini tidak bisa diobati, apabila belum jelas diagnosisnya.

Irma juga menjelaskan, kondisi yang paling parah adalah ketika sakit seperti TB, gangguan kulit, suhu tubuh tingga yang tidak jelas, diare yang tidak sembuh-sembuh, berat badan turun secara perlahan-lahan, kemudian meninggal dunia.

Karenanya, pemeriksaan atau tes HIV penting dilakukan. Sebab, ada tidak menyadari karena tak ada gejala. Dan ketika dilakukan pemeriksaan sudah mengidap penyakit AIDS, dengan diagnosis stadium 3-4.

Untuk itu kata dia, bagi yang beresiko seperti, sering melakukan seks bebas, ataupun pekerjaan yang memiliki kontak dengan darah, maupun cairan tubuh manusia, wajib melakukan dan inisiatif tes HIV di layanan kesehatan. (Rinto)