Jelajah Wisata Sulawesi: Melihat dari Dekat Upacara Odalan Umat Hindu Banggili

Jelajah Wisata Sulawesi: Melihat dari Dekat Upacara Odalan Umat Hindu Banggili

24/02/2020 21:57 0 By Alex

Jelajah Wisata Sulawesi

Rombongan peserta Jelajah Wisata Sulawesi 2020 saat disambut tokoh agama Hindu di pura Gel-gel Desa Banggili, Kecamatan Banggili, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin (24/2/2020). (F. Salman/Humas)

Hulondalo.id – Iring-iringan touring Jelajah Wisata Sulawesi 2020 singgah di Desa Banggili, Kecamatan Banggili, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (24/2/2020).

Kali ini, peserta Jelajah Wisata Sulawesi melihat dari dekat prosesi upacara Odalan, sebuah ritual yang dilaksanakan oleh warga setempat yang beragama Hindu.

Upacara Odalan yang digelar di pura Gel-gel Desa Banggili tersebut sejatinya memiliki makna yang dipercaya akan membawa umatnya ke dalam sebuah kehidupan beragama yang lebih baik.

“Kami melaksanakan upacara ini setiap 6 bulan sekali dengan menggunakan metode perhitungan yang didasarkan pada Pakuwon Bali,” ungkap tokoh agama setempat, Wayan Sweta.

Rombongan Jelajah Wisata Sulawesi pun satu persatu menyalami warga setempat sekaligus dipersilahkan masuk ke dalam pura Gel-gel untuk melihat aktivitas yang ada di dalamnya.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sebagai pimpinan rombongan pun menyampaikan maksud dan tujuan touring Jelajah Wisata Sulawesi 2020 sehingga singgah di pura depan tersebut.

Jelajah Wisata Sulawesi

Umat Hindu di Desa Banggili ini baru saja selesai menggelar upacara Odalan, sebuah ritual warga setempat. (F. Salman/humas)

Ketua JK Merah Putih Community (JKMPC) H Bakrie menyebut, toleransi dan keberagaman sangat berkaitan erat dengan eksistensi komunitas yang dipimpinnya itu. Sebutan Merah Putih, merupakan lambang ke-Bhinekaan.

“Melambangkan bahwa kita boleh berbeda, tapi kita diikat oleh satu tali, yaitu Pancasila,” katanya.

Pun sebelum melanjutkan perjalanan, peserta Jelajah Wisata Sulawesi melakukan doa bersama di pura Gel-gel dengan harapan agar perjalanan aman dan lancar.(adv/alex)