Jelang Hakteknas, Mendes PDTT akan Tinjau Program Inovasi Desa Tamaila Utara Binaan UNG

Jelang Hakteknas, Mendes PDTT akan Tinjau Program Inovasi Desa Tamaila Utara Binaan UNG

07/08/2020 15:47 0 By Alex

Mendes PDTT

Foto dokumentasi Rektor UNG Eduart Wolok saat makan makan bersama Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, beberapa waktu lalu.

Hulondalo.id – Jika tak ada aral melintang, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Abdul Halim Iskandar berencana akan meninjau langsung Dusun Tumba, Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, dalam waktu dekat ini.

Peninjauan desa binaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tersebut untuk dijadikan sebagai desa percontohan program inovasi desa.

Kunjungan Menteri Desa PDTT itu sehubungan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual yang biasanya diperingati setiap tanggal 10 Agustus.

“Alhamdulillah, pak Menteri Desa akan berkunjung ke Gorontalo, insya Allah, direncanakan hari Minggu ini (9/8/2020),” ujar Rektor UNG Eduart Wolok, Jumat (7/8/2020).

“Kunjungan Pak Menteri ini dalam rangka meninjau langsung desa binaan kami dan untuk peresmian desa Tamaila Utara karena walaupun di tengah keterbatasan yang ada desa ini terus berinovasi. Ini juga merupakan bentuk keseriusan Kemendes PDTT untuk menyeratakan daerah dan desa tertinggal,” sambung Eduart.

Sejatinya, sebelum kunjungan menteri tersebut, Kemendes PDTT telah menurunkan tim sejak awal Agustus 2020 untuk melihat langsung kelayakan desa dan dusun binaan UNG sebagai pilot project Kemendes PDTT.

Saat itu, staf khusus Mendes PDTT bidang Kerjasama Luar Negeri dan Perguruan Tinggi, Dodik P Wijaya mengakui jika Dusun Tumba Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo dipilih dari sisi semangat warganya, dimana walaupun dalam kondisi keterbatasan mereka terus berinovasi menciptakan pembangkit listrik dari air di bawah pendampingan UNG.(adv/alex)