Jelang Musda Partai Golkar Tulungagung, Pencalonan Asmungi Diprotes

Jelang Musda Partai Golkar Tulungagung, Pencalonan Asmungi Diprotes

10/08/2020 20:19 0 By Maman

Kader Partai Golkar saat menggelar aksi di depan kantor DPD Partai Golkar Tulungagung. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Tulungagung) – Pencalonan Asmungi di Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Kabupaten Tulungagung, diprotes. Puluhan kader partai berlambang pohon beringin ini, mendatangi kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Tulungagung, Senin (10/08/2020).

Sesuai rencana, musda akan digelar 11 Agustus 2020 besok. Koordinator Aksi, Karwito mengatakan, protes ini disuarakan lantaran, sebagian besar kader tak percaya lagi terhadap kepemimpinan Asmungi, yang selama menjabat dinilai tidak transparan.

Karwito juga mengatakan, pada pengambilan setiap keputusan, dilakukan dengan sewenang-wenang atau otoriter tanpa musyawarah dan komunikasi dengan Pengurus PK Golkar yang lain.

“Belum ada muscam, tapi sudah menunjuk Plt, secara konstitusi partai ini salah, harusnya muscam dulu baru ditetapkan, dan Plt yang ditunjuk juga tidak dikenal dan tidak pernah mengenalkan diri maupun mengajak rapat atau musyawarah,” kata Karwito.

Karenanya, dalam aksi ini, massa menuntut untuk segera diadakan Muscamlub. Sebab kata dia, kekosongan jabatan Ketua PK Golkar Gondang, sudah terjadi lebih dari 6 bulan.

Sebelum ke Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Tulungagung, massa mendatangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulungagung. Disini, massa menanyakan kelanjutan dugaan kasus hibah yang pernah menjerat Asmungi tahun 2018 lalu.

Terkait aksi tersebut Asmungi mengaku tidak kaget. Dia bahkan mengatakan, aksi tersebut sudah diketahuinya sejak awal.

“Mereka kumpul dimana, siapa yang datang dan apa skenarionya, saya sudah tahu,” ujar Asmungi.

Sebagai ketua DPD non aktif, Asmungi juga mengatakan, sudah memahami psikologi partai. Dia paham betul motif gerakan yang dinilainya bernuansa politik.

“Saya paham, ini peta dukungan, jalan satu-satunya melakukan gerakan ini,” terangnya.

Meski telah digoyang, Asmungi percaya diri masih memperoleh dukungan penuh dari peserta Musda, untuk menjabat Ketua yang ketiga kalinya. (MO)