Jempol !! Gubernur beri 7500 Buku Untuk Siswa se Kota Gorontalo

Jempol !! Gubernur beri 7500 Buku Untuk Siswa se Kota Gorontalo

13/12/2018 18:29 0 By Syakir

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Kadis Dikbudpora Provinsi Gorontalo, para guru dan siswa, usai menyerahkan bantuan buku untuk siswa SMA/SMK se Kota Gorontalo, Kamis (13/12/18).

Hulondalo.Id – 7500 buku diterima siswa SMA/SMK baik itu negeri maupun swasta se Kota Gorontalo. Kamis (13/12/18), penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di SMA 2 Kota Gorontalo.

Berbeda dengan buku yang ada dipasaran pada umumnya, selain gratis, cover dari buku bantuan tersebut, memuat beberapa pesan penting diantaranya, memuat 8 program unggulan Pemprov Gorontalo dibawah kepemimpinan Rusli Habibie – Idris Rahim (NKRI) periode yang kedua.

Kemudian, juga memuat kegiatan kepramukaan, dalam rangka penguatan pendidikan karakter anak, anjuran untuk hidup sehat lewat program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan terakhir, pentingnya menghindari bahaya narkoba.

Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo Ramla Habibie dalam sambutannya mengatakan, bantuan buku ini diperuntukkan bagi siswa kelas XI dan kelas XII.

Pengadaan buku tersebut, dibiayai oleh APBD Provinsi Gorontalo untuk seluruh siswa SMA/SMK se Provinsi Gorontalo. “Setiap siswa akan menerima bantuan buku, masing – masing 1 pak,” kata Ramla.

Dia juga mengharapkan, bantuan buku ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh setiap siswa, dalam memaksimalkan proses belajar mengajar dari para siswa itu sendiri.

Ramla juga mengatakan bahwa, seluruh kepsek dan guru di SMA/SMK untuk terus berinovasi dalam mengelola pendidikan dimasing – masing sekolah. Inovasi kata dia, tidak sekedar berharap pada bantuan saja, namun lebih dari itu mampu menghasilkan potensi baru, termasuk terciptanya kegiatan kewirausahaan yang dilakukan bersama – sama oleh kepsek, guru dan
utamanya siswa.

Inovasi ini tentu juga, membutuhkan kerjasama dari pihak terkait, seperti sekolah, komite dan orang tua siswa. “Tidak lagi memungut dari orang tua, namun sekolah bisa berinovasi dengan memanfaatkan potensi yang ada,” ujar Ramla.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), adalah diantara program prioritas dan unggulan yang dilakukannya selama ini.

Rusli mengatakan bahwa, program ini sejalan dengan program yang dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo dan itu kembali terungkap saat dirinya menerima anggaran DIPA untuk Provinsi Gorontalo tahun 2019, baru – baru ini di Istana Negara. “Jadi, ini bukan lagi basa basi, bukan lagi impian, saya sudah mewujudkannya,” ungkap  Rusli.

Begitu pula terhadap hak dari para tenaga pengajar, baik itu yang berstatus ASN maupun Guru Tidak Tetap (GTT) atau honor. Selain alokasi anggaran untuk pembayaran hak – hak para
guru, Rusli juga meminta, agar semangat untuk belajar dan terus belajar terus dijaga oleh para guru. “Ini tentunya erat kaitan dengan peningkatan SDM tersebut,” timpalnya.

Kepada para siswa, Rusli berpesan, agar terus menjaga semangat untuk belajar hingga sukses nanti. (hl/rinto)