Jika Kursi Ketua DPC Lepas, Jabatan Syam di DPRD Terancam

Jika Kursi Ketua DPC Lepas, Jabatan Syam di DPRD Terancam

09/10/2021 23:23 0 By Syakir

Ketua DPP PPP Suharso Monoarfa

Hulondalo.id – Bagi Syam T. Ase, kembali menduduki kursi Ketua DPC PPP Kabupaten Gorontalo adalah harga mati, karena itu terkait dengan nasibnya di legislatif. Jika Syam lengser dari jabatan ketua partai, bukan mustahil jabatannya sebagai Ketua DPRD ikutan terancam.

Di atas kertas, memang Syam T. Ase berpeluang menjabat kembali Ketua DPC PPP Kabupaten Gorontalo. Apalagi, Syam adalah satu satunya figur yang direkomendasikan oleh 19 PAC dalam Muscab PPP belum lama ini.

“Belum tentu. Nanti kita akan lihat kedepannya,” tegas Ketua DPP PPP Suharso Monoarfa, kepada awak media saat dimintai tanggapannya soal penentuan ketua DPC, khususnya figur tunggal, Jumat (8/10/2021).

Dalam lawatannya di Kabupaten Gorontalo, Menteri Bappenas itu juga menambahkan, kalau saat ini belum ada penetapan ketua DPC.

Penegasan itu dibenarkan oleh Azan Piola. Dijelaskannya, PPP beda dengan partai lain yang bisa melakukan pemilihan secara langsung.

“kita beda, dengan adanya anggaran dasar baru ini, lebih menekankan pada pemilihan formatur. Nanti formatur yang menyusun kepengurusan kemudian direkomendasikan oleh DPW, kemudian di SK kan oleh DPP. Itu jelas mekanismenya” terang Ketua DPRD Bonebolango itu.

Meski begitu, menurut Azan figur yang direkomendasikan oleh Muscab akan menjadi bahan pertimbangan formatur, yang diberi waktu selama 20 hari untuk memutuskan pengurus. (opin)