Jurnalis Muda yang Memilih Maju Jadi Kades

Jurnalis Muda yang Memilih Maju Jadi Kades

16/12/2018 21:19 0 By Syakir

Junaidin Mooduto, Kades Terpilih Desa Tumbulilato Gorut

Hulondalo.Id – Masih muda, berkarakter, cerdas dan belum menikah. Sekilas ini sedikit bisa menggambarkan sosok Junaidin Mooduto, seorang junalis muda yang belum lama ini terpilih sebagai Kepala Desa Tumbulilato, Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.

Dari cerita beberapa orang dekatnya, Junaidin atau akrab disapa Juned, dipertengahan meniti karir sebagai jurnalis, sudah sempat ditawarkan maju sebagai kades di tanah kelahirannya.

Juned sendiri adalah seorang jurnalis di salah satu media cetak, yang bertugas di biro Kabupaten Pohuwato.

Usianya memang baru menginjak 26 tahun. Namun popularitasnya, melebihi calon calon lain di desanya termasuk petahana. Latar belakang sebagai jurnalis, memudahkan Juned mengadvokasi segala persoalan di desanya hingga ke tingkat pemerintah daerah.

Saat waktu pemilihan tiba, tak sulit bagi Juned untuk meyakinkan masyarakat Tumbulilato. Hingga akhirnya, Selasa 11 November 2018, saat paling menentukan tiba. Dari 600 pemilih, 318 suara memilih Juned. Pria yang katanya akan menikah di tahun 2019 itu terpilih sebagai kades termuda di daerahnya, dan dalam waktu dekat akan segera dilantik sebagai kepala desa.

Juned sebenarnya tidak sendiri. Setahun sebelumnya ada juga, Ronal Rampi. Sama-sama berlatar belakang sebagai jurnalis, Ronal kini telah menjabat sebagai kepala desa di Desa Kaaruyan Kabupaten Boalemo. Kendati disibukkan dengan tugas-tugas pemerintahan, Ronal tidak meninggalkan hobi menulisnya. (Yadin/Hl)