Kader PPKB Keluhkan Insentif Kecil, Manaf Hamzah Janji Bantu Perjuangkan

Kader PPKB Keluhkan Insentif Kecil, Manaf Hamzah Janji Bantu Perjuangkan

26/08/2021 13:12 0 By Syakir

Aleg DPRD Provinsi Gorontalo Manaf Hamzah, saat berdialog dengan kader PPKB di Kecamatan Tibawa, Kamis (26/8/2021).

Hulondalo.id – Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana ( PPKB ), kata Manaf Hamzah, sangat diperlukan dalam meningkatkan kesehatan keluarga, mereka merupakan ujung tombak dalam mensosialkan program KB di masyarakat khususnya di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Manaf Hamzah mengatakan, peran kader PPKB yang bertugas melaksanakan penyuluhan, pelayanan, evaluasi dan pengembangan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di lapangan.

“Ini, menjadi sangat penting, yang bertujuan untuk teridentifikasinya tingkat keberhasilan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana di Desa,” ungkapnya, Kamis (26/8/2021).

Ditambahkannya, saya sengaja menghadirkan Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo yaitu Bapak Syarifudin Hanasi untuk bisa mengawal kebijakan penganggaran untuk para kader PPKB, mengingat kebijakan anggaran untuk hal ini menjadi kewenangan di tingkat kabupaten.

“Nah! disamping saya akan membicarakan atau menyampaikan kepada Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo dan saya berterima kasih atas dedikasi para kader PPKB serta mengharapkan agar jangan mengendurkan semangat kerja para kader karena ini menjadi tugas mulia,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Rosmiyati Pakaya salah seorang kader PPKB mengungkapkan, keluh kesah terhadap kesejahteraan berupa insentif mereka yang dirasa sangat  kecil dibanding dengan teman-teman se profesi di desa dan kecamatan lain yang jauh lebih besar.

Dia menuturkan, di desa lain insentif mereka di bayarkan 500 Ribu Rupiah hingga 1 Juta Rupiah, kalau untuk mereka hanya sebesar 200 Ribu sampai 350 Ribu.

“Padahal tugas mereka sama dan sangat penting di masyarakat apalagi dimasa pandemi sekarang mereka dituntut untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Virus Covid 19,” ujarnya. (Inkri/Hulondalo.id)