Kades Botubilotahu Dinonaktifkan, Wabup Amin Lantik Penjabat

Kades Botubilotahu Dinonaktifkan, Wabup Amin Lantik Penjabat

07/08/2020 17:03 0 By Yadin

Ramli Hipi dilantik menjadi Penjabat Kades Botubilotahu.

Hulondalo.id – Pemerintah Kabupaten Pohuwato akhirnya menonaktifkan sementara Kepala Desa Botubilotahu.

Sehubungan dengan penonaktifan itu, Ramli Hipi ditunjuk sebagai Penjabat Kades yang dilantik dan diambil sumpah jabatan di kantor Camat Marisa oleh Wakil Bupati, Amin Haras,  Jumat (7/8/2020).

Sebelumnya, beberapa kali demo dilakukan oleh warga Desa Botubilotahu yang menuntut penyelesaian persoalan yang terjadi di desa. Selain warga yang kontra, ada juga aksi demo dari warga yang pro terhadap Kades One Mbuinga.

“Memang dalam kaitan dengan sistem penyelenggaraan pemerintahan, itu kita (pemerintah) sudah punya rambu-rambu ataupun aturan main yang ada ketika terjadi suatu persoalan dengan kades itu sendiri,” jelas Wabup.

Nah untuk mengantisipasi dan demi menjaga stabilitas desa tersebut, maka Pemda mengambil langkah untuk melakukan penonaktifan sementara Kades sambil mengikuti proses penyelesaian persoalan yang terjadi di desa itu.

“SekaIi lagi kita ada mekanisme yang harus diikuti dalam rangka untuk menangani persoalan yang terjadi di Desa Botubilotahu. Kepada Kades definitif, mohon ini dapat dipahami dan dimaklumi dan juga kepada masyarakat yang pro dan kontra terhadap persoalan yang terjadi di tubuh pemerintah desa,” pesan Wabup. (yadin/adv)