Kamis Manis untuk ASN Kota Gorontalo, Gaji 13 Mulai Dibayarkan

Kamis Manis untuk ASN Kota Gorontalo, Gaji 13 Mulai Dibayarkan

02/06/2021 23:30 0 By Maman

gaji 13

Hulondalo.id – Kamis (3/6/2021), Pemerintah Kota Gorontalo memastikan pembayaran gaji ke 13 untuk ASN Kota Gorontalo, mulai dilakukan. Pembayaran gaji ke 13 dilingkup Pemkot Gorontalo ini, mengacu pada ketentuan waktu penyalurannya yaitu paling cepat awal bulan Juni.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Keuangan Kota Gorontalo, Nuryanto mengatakan, anggaran untuk pembayaran gaji 13 di Kota Gorontalo sudah disiapkan sejak jauh hari, sejak keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2021 tentang, pembayaran THR dan Gaji 13 pada bulan Mei 2021 lalu.

“Jadi tidak ada alasan untuk menunda pembayaran gaji ke 13 di awal bulan Juni ini,” jelas Nuryanto saat dihubungi Rabu, (2/6/2021).

Karena itu, Nuryanto meminta kepada OPD sesegera mungkin memasukan permohonan pembayaran gaji 13, sebagai syarat pencairan dana yang dikhususkan menyambut tahun ajaran baru itu. Nuryanto juga menyebut, total anggaran yang dibutuhkan untuk pembayaran gaji ke 13 tahun ini, kurang lebih besar Rp 19 miliar.

“Jumlah itu sudah termasuk gaji pejabat negara Walikota, Wakil Walikota dan anggota DPRD,” ucapnya.

Beredar isu terkait penundaan pembayaran gaji 13 di sejumlah daerah karena adanya sanksi dari peraturan Kemenkeu yang tidak memenuhi pengalokasian belanja wajib pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, Nuryanto mengatakan, ASN di Pemkot Gorontalo tidak perlu khawatir.

“Sebab, Dana Alokasi Umum yang akan ditunda pembayarannya, hanya dari belanja wajib infrastruktur sebesar 25%, dan akan diupayakan terpenuhi pada Perubahan APBD 2021,” ungkap Nuryanto.

Sehingganya, Nuryanto menegaskan, penundaan tersebut tidak mempengaruhi pembayaran gaji 13 di Kota Gorontalo.

“Jadi, keliru kalau dibahasakan porsi APBD secara menyeluruh,” ujarnya.

Menurutnya, jika dihitung dari dana transfer pusat setiap bulan, hanya Rp 706 juta yang ditunda dari total DAU yang masuk sebesar Rp 39,7 miliar.

” Untuk belanja pendidikan dan kesehatan, kita bahkan melebihi pengenaan porsi tersebut, memang ini juga dipengaruhi adanya pemangkasan anggaran untuk penanganan covid-19,” ungkap Nuryanto.

Nuryanto menyayangkan informasi tersebut, tidak merinci berapa pengenaan porsi DAU yang ditunda ke daerah. Sehingga menyebabkan keresahan bagi sejumlah ASN menjelang pencairan gaji 13. (Inkri/Adv)