Kampanye Fish to Baby, 77 Ibu Hamil di Kabila dapat Bantuan Ikan Segar

Kampanye Fish to Baby, 77 Ibu Hamil di Kabila dapat Bantuan Ikan Segar

17/07/2019 20:51 0 By Alex

Ketua Forikan Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Habibie secara simbolis memberikan bantuan ikan segar kepada para ibu hamil dan menyusui di Kecamatan Kabila, Bone Bolango, Rabu (17/7/2019). Bantuan tersebut akan terus diberikan setiap bulan hingga akhir tahun nanti.

Hulondalo.id – Kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan) masih terus berlanjut. Setelah dimulai dengan kegiatan Fish to School, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) mulai memperkenalkan program Fish to Baby yang dimulai di Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (17/7/2019).

Menurut Ketua Forikan Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Habibie, ikan sebagai sumber protein sangat relevan dalam mendukung pemerintah meningkatkan kualitas hidup sumber daya manusia (SDM). Sebab ikan banyak mengandung vitamin, protein, omega 3 yang dapat mencerdaskan masyarakat khususnya anak-anak.

“Program Fish to Baby ini sangat bagus sekali. Karena mulai dari mengandung hingga melahirkan, ibu-ibu harus mendapatkan gizi sehingga anak-anak bisa tumbuh cerdas, tidak terkebelakang, pintar, kuat dan sehat,” kata Idah Syahidah.

Dia berharap kampanye dan sosialisasi Gemarikan melalui Fish to Baby maupun Fish to School ini dapat memberikan manfaat untuk mewujudkan masyarakat Gorontalo yang gemar makan ikan. Dengan demikian, visi Pemerintah Provinsi Gorontalo mewujudkan kualitas SDM yang unggul, handal dan profesional bisa terwujud.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang PRL dan PDSPKP, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo, Karim Muzarab menjelaskan, program Fish to Baby merupakan program baru dengan Sasaran utamanya untuk mencegah stunting dengan merubah pola konsumsi ibu-ibu hamil dan menyusui untuk beralih menkonsumsi ikan sebagai pemenuh gizi dan protein.

“Hari ini kita mulai dari Kabupaten Bone Bolango, khususnya di Kecamatan Kabila ada sekitar 77 orang ibu-ibu hamil dan menyusui yang mendapatkan bantuan ikan dan akan berlangsung setiap bulannya sampai bulan Desember,” kata Karim.

Selain Bone Bolango, kegiatan dan sosialisasi Fish to Baby ini dipastikan akan digelar di seluruh kabupaten/kota dengan sasaran wilayah kronis yang akan mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk bagaimana mencegah stunting.(usman)