Kandas Lagi, KPU Kabgor Tak Jadi Digugat RA-DG

Kandas Lagi, KPU Kabgor Tak Jadi Digugat RA-DG

04/03/2021 20:03 0 By Syakir

4 Paslon Bupati-Wabup Gorontalo saat menunjukkan nomor urut dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Kabupaten Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Gugatan terhadap KPU Kabupaten Gorontalo di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) urung dilanjutkan, oleh tim hukum pasangan calon Rustam Akili – Dicky Gobel (RA-DG). Sayang, belum jelas alasan kenapa gugatan tersebut ditarik.

“sidang tadi, Pembacaan penetapan oleh majelis hakim bahwa gugatan RA-DG tidak dilanjutkan lagi. Karena gugatannya sudah dicabut, dan KPU pun sudah tak dimintai jawabatan atas gugatan tersebut,” terang Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo, Rasid Sayiu, Kamis (04/03/2021).

Hal senada juga disampaikan Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasid Patamani yang mengaku tidak tahu menahu alasan penarikan gugatan itu.

Namun pastinya kata Rasid, saat tim hukum penggugat dimintai tanggapannya pada sidang 1 Maret, penggugat hanya mengungkapkan keinginan mereka untuk menarik gugatan.

“KPU merasa bersyukur bahwa gugatan itu ditarik, padahal sebenarnya kami juga sudah siap jika gugatan itu dilanjutkan,” beber Rasid.

Meski tahu objek gugatan adalah SK KPU terkait penetapan bupati dan wakil bupati 2020, namun Rasid mengaku tidak tahu apa alasan SK itu digugat. Karena KPU sendiri belum menerima salinan gugatan tersebut.

Terpisah, kuasa hukum RA-DG, Gunawan saat dihubungi guna mengkonfirmasi terkait penarikan gugatan di PTUN, hingga kini tak merespon hal tersebut. (opin)