Kantongi Buku Merah & SKK, Sekda: Nelayan di Ponelo Kepulauan Jangan Ragu Jika Ada Pemeriksaan

Kantongi Buku Merah & SKK, Sekda: Nelayan di Ponelo Kepulauan Jangan Ragu Jika Ada Pemeriksaan

20/07/2020 22:03 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin menyerahkan Buku Pelaut Merah dan Sertifikat SKK kepada 72 nelayan di Kecamatan Ponelo Kepulauan. (foto:hms)

Hulondalo.id – 72 nelayan di Kecamatan Ponelo Kepulauan, resmi memiliki Buku Pelaut Merah dan Sertifikat berupa Surat Keterangan Kecakapan (SKK). Kedua dokumen penting ini, diserahkan Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

“Diserahkannya bukudan sertifikat ini, saya berharap ktivitas nelayan bisa meningkat dan pemerintah daerah akan terus mendukung dengan bantuan,” kata Sekda, Senin (20/7/2020).

Sekda menjelaskan, SKK tersebut sebenarnya sudah ada sejak setengah tahun yang lalu. Namun prosesnya dari Makassar. Dan juga, banyak persyaratan yang harus dipenuhi sehingga baru sekarang diserahkan.

“Hari Jum’at mendatang, kami jadwalkan di dua Kecamatan, yakni Biau dan Tolinggula,” ujar Sekda.

“Sisanya, kalau tidak salah kurang lebih ada seratus, selebihnya kita sudah serahkan,” tambah Sekda.

Nelayan kata dia, kini tak perlu ragu lagi saat mencari ikan di laut. Karenanya, buku dan sertifikat ini diharapkan Sekda, dijaga dengan baik dan jika sudah berakhir 5 tahun diperpanjang kembali.

Sekda juga menambahkan, akan terus memberikan support kepada nelayan melalui bantuan seperti mesin gantung, katinting. Perahu juga kata dia, diupayakan untuk ditambah tentu dengan melihat nelayan mana yang masih membutuhkan. (Prin/Adv)