Kanwil Kemenkum HAM & Bupati Gorontalo Sinergitas Program

Kanwil Kemenkum HAM & Bupati Gorontalo Sinergitas Program

15/04/2021 21:42 0 By Maman

Sinergi Program Kemenkumham dan Bupati Nelson

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo, Hantor Situmorang. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Sinergitas program dilakukan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Provinsi Gorontalo, bersama Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Sejumlah poin dibahas bersama saat Bupati menyambut kunjungan Kemenkum HAM, Kamis (15/4/2021), diantaranya, peningkatan kesadaran hukum masyarakat.

“Kita membahas peningkatan budaya hukum masyarakat, keimigrasian serta kegiatan pemasyarakatan, seperti halnya akses  jalan di lapas perempuan,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM Provinsi Gorontalo, Hantor Situmorang.

Upaya peningkatan kesadaran hukum masyarakat kata Hantor, Kanwil Kemenkum dan HAM Gorontalo memliki tenaga penyuluh hukum dan HAM, untuk memberikan sosialisasi dalam peningkatan kesadaran hukum masyarakat.

“Tenaga penyuluh hukum bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, kami meminta ada sinergi program pemerintah daerah dengan tugas-tugas kementerian hukum dan HAM khususnya di bidang hukum dan HAM,” ungkap Hantor.

Sementara itu, Bupati mengakui bahwa, hukum dan HAM sangat penting. Apalagi, Kabupaten Gorontalo masuk pada Kabupaten Peduli HAM.

Poin lain dibahas dalam pertemuan itu kata Bupati, seperti penyuluhan hukum, kerjasama penyusunan Perda, imigrasi, Hak Intelektual (HAKI) dan akses jalan di lapas perempuan.

“Untuk penyusunan Perda kita sudah ada, mereka meminta untuk direview, karena mereka ahli hukum, terkait imigrasi juga harus tertib, setiap bulan kami rapat soal imigrasi,” ujar Nelson.

“Terkait HAKI, kami berharap UMKM yang punya produk baru dapat didaftarkan, sedangkan akses jalan di lapas perempuan kami akan berupaya, sebab selama ini kita telah menyediakan lahan,” tambah Nelson. (Pin/Adv)