Kapal Pelra Mudahkan Akses Wisatawan ke Oile Beach dan Saronde

Kapal Pelra Mudahkan Akses Wisatawan ke Oile Beach dan Saronde

02/12/2020 20:45 0 By Syakir

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, saat meninjau kondisi Kapal Pelra KM Banawa Nusantara 86, Rabu (2/12/2020).

Hulondalo.id – Dua jatah kapal pelayaran rakyat (Pelra) untuk Provinsi Gorontalo, salah satunya diserahkan ke Kabupaten Gorontalo Utara. Kapal bernama KM Banawa Nusantara 86 itu, diyakini akan mendukung pengembangan pariwisata di wilayah itu.

“Kapal ini buah tangan kami berdua. Dua tahun lalu saya sama Pak Bupati berjuang ke Kementrian Perhubungan untuk mendapatkan hibah kapal. Alhamdulillah sekarang sudah tiba di sini,” ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, saat meresmikan pengoperasian KM Banawa Nusantara 86, Rabu (2/12/2020).

Kapal dengan berat 10 ton dan mampu menampung 24 orang penumpang itu, akan melayani rute Kwandang – Pulau Ponelo, Kwandang – Pulau Saronde dan Kwandang– Oile Beach Resort, pergi pulang.

Dengan rute seperti itu kata Rusli, tak hanya mempermudah akses bagi warga yang tinggal di pulau, manfaatnya juga akan dirasakan oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata seperti Oile Beach maupun Pulau Saronde.

“Progam inilah tol laut, jadi bisa menghubungkan pulau-pulau karena negara kita negara maritim,” imbuh gubernur dua periode itu.

Sementara itu Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, akan segera membahas soal pengoperasian kapal itu, termasuk penentuan tarif. Kemungkinan akan dilakukan subsidi sekitar 50 persen dari harga tiket biasanya. (adv)