Kapal Rede Rute Kwandang, Ponelo, Saronde Siap Beroperasi Setiap Sabtu, Tahun Pertama Gratis

Kapal Rede Rute Kwandang, Ponelo, Saronde Siap Beroperasi Setiap Sabtu, Tahun Pertama Gratis

07/12/2019 16:51 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin hadir dalam pelayaran perdana Kapal Rede Gandha Nusantara yang siap beroperasi melayani rute Kwandang, Ponelo dan Saronde.

Hulondalo.id- Kapal Rede Gandha Nusantara dengan rute Kwandang, Ponelo dan Pulau Saronde siap beroperasi melayani masyarakat. Sabtu (7/12/2019), pelayaran perdana dari kapal ini, dihadiri langsung Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin.

Dalam uji coba kapal dengan kapasitas 56 kursi ini, Sekda menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan RI, atas bantuan kapal tersebut.

“Ini sangat membantu masyarakat di Gorontalo Utara,” kata Sekda.

“Kapal ini menjadi penghubung antar pulau, semoga dapat meringankan beban masyarakat yang selama ini menggunakan kapal-kapal kecil atau perahu,” tambahnya.

Sekda juga menyampaikan bahwa, standar keamanan dan keselamatan kapal yang dilengkapi pendingin ruangan dan televisi pada ruang penumpang ini, sudah dijamin. Termasuk kata dia, jika ada wisatawan yang ingin menggunakannya.

“Kita perlu juga menjamin keselamatan para wisatawan, agar kunjungan ke obyek wisata bisa meningkat,” ungkap Sekda.

Dalam operasionalnya kata dia, kapal rede akan diatur baik itu pemerintah kabupaten atau dari syahbandar. Agar masyarakat yang berprofesi sebagai penyedia transportasi laut, tetap bisa berjalan.

“Tetap kita akan atur, jangan sampai mereka kehilangan mata pencaharian, kita undang dan dibahas dalam rapat, termasuk juga bagaimana regulasi soal ini dari kementerian perhubungan khususnya di syahbandar,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan UPP Kelas III Kwandang Das’in juga menyampaikan, kapal rede ini untuk penumpang dan barang. Kapal ini juga tidak untuk mengganggu masyarakat penyedia transportasi laut.

“Kehadiran kapal untuk membangun daerah ponelo dan sekitarnya, kapal ini tidak bergerak setiap  hari,” ungkapnya.

Uji coba kata dia, akan dilakukan, melihat tingkat kebutuhan masyarakat. Namun tak menutup kemungkinan, waktu operasional dari kapal akan meningkat, misalnya ada pembangunan di pulau ponelo.

“Kapal bisa bolak balik untuk mengangkat material yang di butuhkan di pulau ponelo,” ujarnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang PT. Pelni Gorontalo Juldan H. Abdul Kadir menambahkan, kapal ini menurut jadwal sementara dari pusat akan beroperasi setiap hari Sabtu. Dan untuk tahun pertama digratiskan.

“Jadwal yang diterbitkan PT. Pelni pusat, rutenya Kwandang, Ponelo dan Saronde, dalam satu bulan itu empat kali, setiap Sabtu dan hanya sekali jalan pulang pergi,” kata Juldan.

Terhadap keselamatan penggunaan kapal ini, Juldan mengatakan, berkoordinasi dengan Syahbandar dan Jasa Raharja. Karena untuk menjaga keselamatan penumpang, dibutuhkan data atau identitas setiap penumpang, sesuai perintah dari pemerintah pusat untuk kelangsungan operasional dari kapal rede ini. (Saprin/Adv)