Kapolda Gorontalo Pimpin Langsung Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan

Kapolda Gorontalo Pimpin Langsung Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan

15/09/2020 00:37 0 By Alex

Kapolda Gorontalo

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat memberikan masker kepada warga di sela-sela memimpin Operasi Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Kota Gorontalo, Senin (14/9/2020).

Hulondalo.id – Operasi Yustisi 2020 dalam rangka Pendisiplinan Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan dipimpin langsung Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus SIK MSi MM, Senin (14/9/2020).

Operasi Yustisi tersebut juga turut dipimpin Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito bersama Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo, Muhammad Naim.

Operasi Yustisi yang digelar di bundaran patung Saronde, Kota Gorontalo yang melibatkan 3 pilar, yakni TNI, Polri dan Satpol PP itu juga dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Bahkan, selain memimpin Operasi Yustisi, 3 pimpinan lembaga TNI, Polri dan Kejaksaan di Provinsi Gorontalo tersebut turut memberikan edukasi kepada warga masyarakat terkait protokol kesehatan dengan membagikan masker kepada mereka yang terjaring tidak memakai masker.

Dikatakan Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus, bahwa operasi tersebut dilakukan sebagai bentuk implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Apalagi saat ini Pergub Nomor 41 Tahun 2020 tersebut sedang dalam pembahasan di tingkat legislatif untuk ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

“Jadi, bapak Kapolri memang telah menginstruksikan agar seluruh jajaran mendukung pemerintah daerah dalam upaya peningkatan disiplin dan penegakan terhadap protokol kesehatan dalam rangka pengendalian Covid-19,” kata Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

“Dan hari ini, kami dari Polda Gorontalo dan seluruh jajaran polres bersinergi dengan TNI, Kejati dan juga pemda dalam hal ini Satpol PP menggelar kegiatan Operasi Yustisi yang bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan,” sambung mantan Wakapolda Jawa Barat itu.

Pun melalui Operasi Yustisi tersebut, Irjen Pol Akhmad Wiyagus pun berpesan kepada seluruh masyarakat Gorontalo agar tidak menganggap remeh wabah virus corona.

“Siapa pun dapat tertular virus ini, bahkan sudah banyak korban yang meninggal dunia. Virus ini nyata. Olehnya, disiplin protokol kesehatan sangat penting dan jadikan itu sebagai sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh masyarakat. Selamatkan diri anda, keluarga dan lingkungan dari Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tambah Akhmad Wiyagus.

Terpisah, Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono SIK menyampaikan, Operasi Yustisi yang dipimpin Kapolda Gorontalo tersebut dilaksanakan di 3 lokasi, yakni di Bundaran Saronde, simpang empat jalan Pangeran Hidayat (JDS) dan simpang empat jalan Ahmad Yani, Kota Gorontalo.

“Hari ini Polda dan Polres jajaran serentak menggelar operasi Yustisi. Untuk di jajaran Polres dilaksanakan di wilayah masing-masing, dalam pelaksanaannya melibatkan 3 pilar, yakni TNI, Polri dan Satpol PP serta ada juga dari Kejaksaan,” tandas Wahyu.(Alex)