Kapolda Gorontalo Wanti-wanti Jajarannya Jangan Sampai Ada Klaster Pilkada

Kapolda Gorontalo Wanti-wanti Jajarannya Jangan Sampai Ada Klaster Pilkada

15/09/2020 20:14 0 By Alex

Kapolda Gorontalo

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Hulondalo.id – Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus kembali menekankan kepada jajarannya untuk mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak dalam masa pandemi Covid-19.

Jenderal polisi bintang dua itu bahkan menegaskan tidak menginginkan penambahan klaster baru saat pesta demokrasi 5 tahunan itu, yakni klaster Pilkada.

Adapun 3 daerah di Gorontalo yang akan melaksanakan Pilkada Serentak, yaitu Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Bone Bolango.

“Kita memiliki tanggung jawab untuk mengamankan dan mengawal Pilkada dengan aman, damai sehat dan demokratis. Artinya, target kita tidak hanya mewujudkan Pilkada ini sukses, tetapi juga bagaimana kita sukses mencegah terjadinya kluster baru,” tegas Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat video conference bersama seluruh Kapolres, Selasa (15/9/2020).

Dia bahkan dengan tegas meminta para Kapolres, terutama yang wilayahnya melaksanakan Pilkada Serentak, untuk secara intens mengingatkan seluruh stakeholder terkait di tempatnya bertugas, untuk menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta mematuhi protokol kesehatan.

“Saya sudah sampaikan di hadapan para pejabat Forkopimda Provinsi, dan juga Ketua KPU, Ketua Bawaslu, serta pimpinan Parpol untuk sama-sama sukseskan tahapan Pilkada dengan mempedomani protokol kesehatan,” kata Akhmad Wiyagus.

“Dan saya juga harapkan saudara Kapolres untuk melakukan hal serupa, (yakni) secara intens mengingatkan para Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, pimpinan Parpol, juga para paslon dan timnya,” tegas mantan Wakapolda Jawa Barat itu.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono menambahkan, saat ini pihaknya telah membentuk Tim Pamatwil Polda Gorontalo yang bertugas untuk mengawasi Pilkada Serentak di 3 daerah.

“Kapolda juga menugaskan para pejabat utama untuk ikut mengawasi sekaligus memberi asistensi,” kata Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono.

Polda Gorontalo pun siap bersinergi dengan TNI untuk mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pilkada serentak di Gorontalo.

“Saya tegaskan, kami Polri dan TNI netral, dan kami siap mengamankan serta mengawal Pilkada ini dengan aman, damai dan sehat. Tentu saya juga berharap dukungan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskannya,” tandas dia.(Alex)