Kasus Diare di Tolinggula Cs Puluhan Warga Dirawat, 2 Meninggal Dunia

Kasus Diare di Tolinggula Cs Puluhan Warga Dirawat, 2 Meninggal Dunia

30/03/2019 14:12 0 By Alex

diare

Kondisi di Puskesmas Tolinggula cs pasien diare membludak sejak Jumat (25/3/2019)

Hulondalo.id – Sedikitnya 2 orang dikabarkan meninggal dunia dan puluhan warga lainnya dirawat akibat terserang diare di Kecamatan Tolinggula, Biau hingga Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), dan telah memenuhi Puskesmas setempat sejak Jumat (29/3/2019).

Dari informasi yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, jumlah pasien yang berada di Puskesmas Biau sudah mencapai 18 orang, dimana 9 orang diantaranya masih dirawat inap dan seorang dikabarkan meninggal dunia. Sementara di Puskesmas Tolinggula terinformasi menangani 12 pasien dan seorang balita umur 3 tahun dikabarkan meninggal dunia karena diare.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Triyanto S Bialangi membenarkan kabar tersebut. Bahkan, saat ini pihaknya telah menurunkan tim yang terdiri dari dokter, tenaga farmasi, perawat, tenaga surveilans dan kesehatan masyarakat, termasuk ambulance dan obat-obatan untuk menanggulangi sekaligus mengidentifikasi kasus diare di wilayah Tolinggula Cs.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Gorut dan menurunkan TGC (Tim Gerak Cepat) ke lokasi. Kami juga sudah meminta kepada tim untuk melaporkan perkembangannya secara real time,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Triyanto Bialangi.

Selain itu, tim yang turun juga akan melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) untuk memastikan sumber dan penularan kasus. Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo juga mengurus tim Laboratorum Kesehatan Daerah (Lakesda) untuk pengambilan sampel dan pemeriksaan air.

“Langkah-langkah yang akan di lakukan adalah mengendalikan vektor, melakukan penyelidikan epidemiologi, menangani kasus dengan cepat dan tepat, saling berkoordinasi dan melibatkan pemerintah setempat,” jelas Triyanto.(usman)