Kasus Travel Terlantarkan Jamaah Umrah Diadukan ke Polda Gorontalo

26/11/2019 05:30 0 By Alex

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK.

Hulondalo.id – Persoalan travel umrah Muthmainnah yang bermasalah akhirnya diadukan ke Mapolda Gorontalo. Pemilik travel berinisial NR (30) diadukan kepada pihak yang berwajib atas dugaan kasus penipuan dan penggelapan.

“Jadi benar, pada tanggal 18 November 2019 lalu, kami sudah menerima laporan polisi atas dugaan kasus penipuan dan penggelapan dengan modus jasa pemberangkatan umrah,” ungkap Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK, Senin (25/11/2019).

Pelapor atas nama Arif Abdullah (42) yang menjadi korban travel perjalanan umrah tersebut melaporkan NR. Bahwa yang mana sejak bulan April 2019, NR menawarkan jasa pemberangkatan umrah kepada Arif bersama jamaah lainnya melalui travel Muhsinin dan travel Umaro dengan biaya Rp 22,5 Juta per jamaah.

Setelah itu, pada awal November 2019 lalu, Arif bersama 59 jamaah diberangkatkan ke Jakarta. Namun sampai di Jakarta, para jamaah tidak bisa berangkat ke tanah suci Mekkah karena diduga NR tidak membayar perjalanan umrah kepada travel Umaro.

Meski demikian, ada 11 jamaah tetap berangkat umrah dengan biaya sendiri. Sementara 49 jamaah lainnya kembali ke Gorontalo dengan biaya sendiri.

“Saat ini Subdit I Ditreskrium sedang mendalami kasus ini. Dan dari keterangan penyidik, hingga saat ini baru 1orang yang melapor ke Polda Gorontalo,” tambah mantan Kapolres Bone Bolango itu.

Berangkat dari kasus ini, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK mengajak kepada masyarakat Gorontalo untuk lebih berhati-hati lagi dalam memilih biro perjalanan umrah.

“Silahkan pilih biro-biro resmi yang direkomendasikan oleh Kementerian Agama. Jangan memilih biro perjalanan yang belum jelas, jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah,” tandas dia.(Alex)