Katanya Ada Warga yang Enggan Ikut Vaksin Covid-19? Idris: Itu Kewajiban

Katanya Ada Warga yang Enggan Ikut Vaksin Covid-19? Idris: Itu Kewajiban

06/01/2021 19:09 0 By Alex

Vaksin Covid-19

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (F. dok Humas)

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menegaskan seluruh warga negara RI, termasuk di Gorontalo, sifatnya wajib untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Hal itu untuk menjawab seputar desas-desus adanya pertanyaan segelintir warga apakah vaksin corona merupakan hak ataukah sebuah kewajiban.

“Itu kewajiban. Sesuai arahan bapak presiden, dengan tegas menyatakan bahwa vaksinasi merupakan kewajiban,” kata Wakil Gubernur Idris Rahim usai rapat bersama Presiden Jokowi secara virtual yang membahas penanganan pandemi Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi, Rabu (6/1/2021).

“Ini kewajiban karena berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular yang menyebutkan bahwa vaksinasi wajib karena menyangkut kekebalan komunal,” tambah Idris.

Diuraikan Idris pula, bahwa jika ada warga yang tidak ingin ikut vaksinasi, maka tentunya orang lain yang akan sangat dirugikan.

Meski demikian, sesuai arahan Presiden Jokowi, pihaknya akan tetap menempuh jalan persuasif untuk mengajak dan mengunggah kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

“Bapak Presiden mengatakan kalau ada yang tidak mau, orang lain yang dirugikan. Tetapi beliau juga meminta agar penyampaiannya kepada masyarakat harus hati-hati agar tidak terkesan memaksa, karena yang diinginkan adalah adanya kesadaran masyarakat,” terang dia.

Idris juga menyampaikan pesan dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, bahwa pelaksanaan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dilakukan dengan 2 tahap.

Alasannya, untuk mengantisipasi jika terjadi efek dari vaksin, seperti demam, sehingga masih ada tenaga kesehatan yang bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Takutnya nanti kalau ada dampak dari vaksin, semua tenaga kesehatan tidak bisa bekerja,” tandas Idris.(adv/alex)