Kaum Milenial dan Kuliah Fleksibel Universitas Terbuka

Kaum Milenial dan Kuliah Fleksibel Universitas Terbuka

27/05/2021 22:00 0 By Syakir

Hulondalo.id – Sejak pandemi Covid-19 merebak berbagai bidang dalam kehidupan mengalami dampak yang tidak terduga. Salah satunya aktivitas perkuliahan pada bidang pendidikan. Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan layanan Pendidikan Tinggi kepada masyarakat tentunya dapat diandalkan dengan terus berinovasi dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajarannya.

Menghadapai situasi pandemi tersebut di atas, UT selalu berinovasi dan beradaptif dengan cara menghadirkan layanan perkuliahan/belajar yang fleksibel kepada mahasiswa dan calon mahasiswa. Hal ini tentunya merupakan komitmen UT untuk memberikan layanan Pendidikan Tinggi terbaik kepada masyarakat dalam situasi apapun.

Fleksibiltas kuliah/belajar yang ditawarkan UT, seperti;

(1) Bebas memilih layanan kuliah, dalam hal ini calon mahasiswa yang ingin masuk kuliah di UT diberikan kebebasan dalam memilih layanan kuliah yang akan di ambil. Layanan kuliah di UT terdiri dari Sistem Paket Semester (SIPAS) dan Non Sistem Paket Semester (Non Sipas) selanjutnya modus kuliah terdiri dari kuliah tatap muka (TTM), kuliah online (fully online), dan blended learning.

(2) Kuliah dari mana saja, dalam hal ini mahasiswa dapat mengikuti proses kuliah dari mana saja dengan hanya mengakses aplikasi berbasis web “elearning UT” (fully online) dan masuk kelas virtual untuk Tutorial Webinar (Tuweb).

(3) Akses bahan ajar yang mudah, dalam hal ini setiap mahasiswa selain memiliki buku kuliah/bahan ajar dari UT, mahasiswa UT juga mendapatkan layanan free akses ke Ruang Baca Virtual (RBV) secara online.

(4) Tidak mengenal tahun lulus dan umur, bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UT jangan takut karena tahun ijazah yang sudah lampau, karena UT tidak membatasi tahun kelulusan dan umur calon mahasiswa.

(5) Tidak ada Drop Out, dalam hal ini UT tidak menerapkan drop out bagi mahasiswa. Mahasiswa bebas berkuliah dengan durasi waktu pilihan mereka baik sesuai kurikulum atau sesuai kemampuan waktu kuliah mahasiswa sendiri.

Fleksibiltas kuliah di atas merupakan bentuk nyata dari komitmen UT dalam memberikan layanan pendidikan terbaik kepada masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat jumlah mahasiswa milenial UT yang berumur dibawah 25 tahun berjumlah 126.267 mahasiwa dari total 310.974 mahasiswa per tanggal 12 April 2021. Hal ini menunjukkan bahwa banyak generasi milenial di Indonesia suka berkuliah di UT.

Ayo kuliah di Universitas Terbuka, pendaftaran mahasiswa baru masa 2021, sudah dibuka. Calon mahasiswa dapat mendaftar online di www.sia.ut.ac.id , atau untuk informasi lebih jelas silahkan ke Kampus Universitas Terbuka – Gorontalo di Jl. Achmad Nadjamuddin. No. 27. Kota Gorontalo atau kunjungi website UT Gorontalo www.gorontalo.ut.ac.id dan bisa hubungi kami di  0821-8900-4878 (WA) dan Facebook – Instagram kami “UT Gorontalo”.(adv)