Kawasan Ekonomi Berbasis Perdesaan, Eduart: Komoditas Unggulan Desa di Kembangkan

Kawasan Ekonomi Berbasis Perdesaan, Eduart: Komoditas Unggulan Desa di Kembangkan

05/03/2021 20:16 0 By Maman

Rektor Eduart Pemaparan KEK

Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST, MT saat memaparkan konsep pengembangan KEK Teluk Tomini. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pengembangan kawasan ekonomi berbasis perdesaan dipilih, karena keunggulannya yang berbasis partisipatif. Masyarakat dilibatkan untuk menetapkan apa saja komoditas unggulannya, diberbagai bidang berdasarkan desa masing-masing.

Karenanya kata Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr. Eduart Wolok, ST, MT, pengembangan kawasan teluk tomini ini upaya yang diwujudkan oleh UNG melalui program pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Ini kawasan yang unik dan karateristik berbeda, memilih cara khusus dengan mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis Perdesaan,” ujar Rektor, Jumat (4/3/2021).

Rektor juga mengatakan, industri berbasis perdesaan yang dikembangkan diwilayah teluk tomini berbasis potensi yang ada pada setiap Desa, bukan lagi membuat komoditas baru untuk dikembangkan.

“Dengan cara ini lebih mengembangkan komoditas potensial yang sudah ada, lebih ditingkatkan, serta dioptimalkan agar bisa menjadi komoditas yang unggul, dan memiliki daya saing ditingkat regional, Nasional bahkan internasional,” sambung Rektor.

Rektor juga menjelaskan, pembinaan desa untuk mewujudkan kawasan ekonomi khusus perdesaan, telah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo, dalam pertemuan dengan 5 Rektor mewakili Perguruan Tinggi seluruh Indonesia pada akhir tahun 2020 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor menyampaikan, dalam mengembangkan kawasan industri, maka akan ada perbedaan antara kawasan industri wilayah barat dan timur Indonesia. Rektor mencontohkan, kawasan industri wilayah timur untuk satu Provinsi atau bahkan dua Provinsi yang digabung. Tidak akan sama dengan satu Kabupaten di Pulau Jawa.

“Sehingga harus ada perbedaan intervensi dan kebijakan agar supaya penumbuhan ekonomi di kawasan Timur bisa terwujud,” terangnya.

“Salah satu pendekatan yang bisa dikedepankan dengan kawasan ekonomi khusus perdesaan,” pungkas Eduart. (MG01/Adv)