Ke Pohuwato, Gubernur Bawa Bantuan untuk Seribu Warga Korban Banjir

Ke Pohuwato, Gubernur Bawa Bantuan untuk Seribu Warga Korban Banjir

26/09/2020 19:57 0 By admin

Penyerahan bantuan untuk warga korban banjir oleh Gubernur Rusli Habibie. (f.alfred)

Hulondalo.id – Seribu warga korban terdampak banjir di 4 kecamatan di Kabupaten Pohuwato mendapat bantuan dari Gubernur Rusli Habibie, Sabtu (26/9/2020).

Gubernur Rusli mengungkapkan, sewaktu menerima laporan banjir, dirinya tengah berada di luar kota.

“Dan semalam bertemu pak Bupati. Saya katakan saya ingin ke sini (Pohuwato) hari ini membawa sedikit bantuan yang insya Allah bisa mengurangi beban warga,” tutur Rusli.

Memang menurut Rusli, musibah banjir bukan hanya terjadi di Gorontalo tetapi juga di seluruh Indonesia.

Nah, dengan kondisi seperti itu kata Rusli, semua pihak harus terus berusaha menjaga lingkungan. Apalagi curah hujan beberapa bulan ini tidak dapat diprediksi.

“Beberapa waktu lalu saya dengan para Bupati bertemu dengan Menteri Bappenas dan telah merancang satu buah Perpres (peraturan presiden) untuk penanggulangan banjir di Gorontalo. Ini perlu kita apresiasi, karena baru Gorontalo yang akan dibuatkan Perpres, biasanya Perpres itu berlaku di seluruh Indonesia. Artinya penanggulangan banjir akan diseriusi dari hulu hingga ke hilir,” jelas Gubernur.

Tak lupa, Gubernur ikut mengingatkan agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Selain bencana banjir, saat ini kita masih diperhadapkan dengan situasi Covid-19 yang entah kapan berakhir. Untuk penanganan banjir, kita harus melibatkan semua stakeholder, termasuk menertibkan masyarakat penambang, masyarakat illegal logging, ilegal mining, dan masyarakat illegal fishing,” terang Rusli. (zhk)