Kebakaran Lahan di Kelurahan Bulota Terus Menjalar Jelang Tengah Malam

10/09/2019 23:44 0 By Alex

Beberapa petugas Damkar BPBD Kabupaten Gorontalo saat berusaha memadamkan api di lahan perbukitan Kelurahan Bulota, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (10/9/2019).

Hulondalo.id – Sebuah areal perbukitan di Kelurahan Bulota, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo terbakar, Selasa (10/9/2019). Hingga berita ini dilansir, aparat BPDB Kabupaten Gorontalo masih berusaha memadamkan api yang terus meluas.

Tercatat pula dalam sehari ini, Pusdalops BPBD Kabupaten Gorontalo melaporkan sudah terjadi 3 kali peristiwa kebakaran lahan di titik yang berbeda di wilayah Kabupaten Gorontalo.

“Iya pak, kami masih berusaha memadamkan api dengan cara manual karena mobil damkar tidak ke lokasi,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku kepada Hulondalo.id.

Kebakaran lahan di wilayah perbukitan tersebut tersebar dengan radius berkisar 1 Kilometer dan terus meluas. BPBD Kabupaten Gorontalo akan terus berupaya melakukan pemadaman secara manual dengan semaksimal mungkin. Pasalnya, cakupan api nyaris mendekati pemukiman warga dan sekolah setempat.

“Ini kalau tidak dimatikan segera, akan menjalar ke semua penjuru. Tiupan angin dan lahan gambut akibat kemarau jadi pemicunya. Ini apinya sudah mendekati sekolah,” tambah Sumanti.

Hingga saat ini, pihaknya belum melakukan mengidentifikasi asal api bermula. Namun dugaan sementara, api berasal dari pembukaan lahan oleh warga setempat.

BPBD Kabupaten Gorontalo juga menyayangkan aparat kelurahan setempat yang tidak memberitahukan peristiwa kebakaran tersebut.

“Jadi tadi ba’da magrib, kami melihat ada api di wilayah perbukitan. Setelah kita kirimkan tim TRC untuk mengecek, ternyata ada kebakaran lahan. Sayang sekali tidak ada laporan dari aparat setempat,” ujar Sumanti.

Saat ini, pihaknya terus mengirimkan bantuan personel ke lokasi untuk memadamkan si jago merah. Hingga berita ini dilansir, warga setempat juga ikut turut membantu petugas memadamkan api.

Sebelumnya pula, siang tadi terjadi kebakaran lahan masing-masing di Desa Limehe Timur, Kecamatan Tabongo dan Desa Botumoputi, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.(alex)

loading...