Kebutuhan Dasar Pertanian, Aspirasi Warga Desa Cisadane

Kebutuhan Dasar Pertanian, Aspirasi Warga Desa Cisadane

30/04/2021 21:42 0 By Maman

Reses Gustam Ismail Desa Cisadane

Anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail sat menggelar reses di Desa Cisadane Kwandang. (foto:prin)

Hulondalo.id – Kebutuhan dasar pertanian seperti pupuk bersubsidi, alsintan dan pengairan, diantara aspirasi yang disuarakan warga Desa Cisadane Kecamatan Kwandang, dalam reses anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail, Jum’at (30/4/2021).

Gustam mengatakan, persoalan penting di desa ini adalah kebutuhan pertanian. Karena masyarakat Cisadane kata Gustam, sebagian besar adalah masyarakat petani.

“Ini yang menjadi ‘PR’ kami untuk memperjuangkannya,” ujar Gustam usai reses dan Buka Puasa bersama di Masjid Desa Cisadane.

Terkait pengairan, Gustam bersyukur, selama ini terhadap pengembangan fasilitas tersebut selalu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Untuk ketersediaan pupuk bersubsidi lanjut Gustam, hal itu merupakan masalah nasional. DPRD kata dia, sebatas menyuarakan bagaimana hal itu bisa terpenuhi.

“Pupuk ini tidak langka sebenarnya, cuma yang terbatas ini adalah yang bersubsidi,” jelasnya.

“Itu tetap menjadi ‘PR’ kita semua, siapapun dia harus memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan rakyat Gorontalo Utara khususnya di bidang pertanian,” sambung Gustam.

Sementara program pemerintah daerah di tahun 2021 ini kata Gustam, yang akan di realisasikan di desa tersebut, salah satunya adalah saluran pembuangan air yang ada di jalan Bypass. Aspirasi tersebut lanjut Gustam, di aspirasikan pada pelaksanaan reses tahun kemarin.

“Alhamdulillah lewat pokok-pokok pikiran reses kemarin, kita sudah akomodir dan direalisasikan tahun ini,” imbuhnya.

Gustam menambahkan, untuk pengembangan saluran irigasi yang terbangun di Desa Cisadane selama ini dari tahun-tahun sebelumnya, kurang lebih sudah mencapai Rp. 1 miliar lebih. (Prin/Adv)