Kebutuhan SDM Kesehatan Disusun Sesuai Perencanaan

Kebutuhan SDM Kesehatan Disusun Sesuai Perencanaan

28/02/2020 19:20 0 By Maman

Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole membuka pertemuan Pemetaan Tenaga Kesehatan FTKP/FTKL, Distribusi Nakes Tingkat Provinsi Gorontalo Jumat (28/2/2020).

Hulondalo.id – Dalam menjamin keberlangsungan pembangunan kesehatan, pemerintah pusat dan daerah wajib memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan, baik dalam jumlah, jenis maupun kompetensinya secara merata.

Untuk itu kata Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole, diperlukan perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan yang dapat mengantisipasi kebutuhan lokal, nasional, dan global yang dilakukan secara berjenjang, berdasarkan ketersediaan tenaga kerja kesehatan.

Pada kegiatan pertemuan pemetaan Tenaga Kesehatan FTKP/FTKL, Distribusi Nakes Tingkat Provinsi Gorontalo Jumat (28/2/2020), Misranda juga mengatakan, ini sangat penting karena menjadi dasar untuk pemenuhan, pengadaan, pendayagunaan, pembinaan, serta pengawasan SDMK.

“Sesuai UU Nomor 36 Tahun 2014 tentang tenaga kesehatan menyebutkan bahwa, perencanaan tenaga kesehatan disusun secara berjenjang berdasarkaan ketersediaan tenaga kesehatan, kebutuhan penyelenggaraan pembangunan dan upaya kesehatan,” jelas Misranda.

Dia berharap, SDM Kesehatan memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat, sehingga memiliki kesadaran, kemauan untuk hidup sehat. (Rinto/Adv)