Kecam Intimidasi, Ratusan Wartawan Unjuk Rasa di Polda Gorontalo

Kecam Intimidasi, Ratusan Wartawan Unjuk Rasa di Polda Gorontalo

15/10/2020 16:56 0 By Maman

wartawan demo Polda Gorontalo

Ratusan wartawan saat melakukan aksi unjuk rasa damai di depan Polda Gorontalo, Kamis (15/10/2020).

Hulondalo.id – Ratusan wartawan yang tergabung dalam sejumlah organisasi pers melakukan aksi unjuk rasa di Polda Gorontalo, Kamis (15/10/2020).

Unjuk rasa dalam bentuk aksi damai ini sebagai bentuk ungkapan kekecewaan insan pers di Gorontalo terhadap aksi dugaan intimidasi wartawan oleh oknum polisi saat meliput peristiwa demo mahasiswa yang menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja yang berujung rusuh, beberapa hari lalu.

Pada unjuk rasa ini, para wartawan pun menyampaikan sejumlah tuntutan. Pertama, mengecam tindakan intimidasi yang dilakukan aparat kepolisian kepada jurnalis yang sedang meliput demo UU Cipta Kerja.

Kedua, meminta kepada kepolisian Polda Gorontalo untuk belajar lagi tentang UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Ketiga, mengutuk keras perampasan fasilitas milik wartawan saat aksi demo UU Cipta Kerja. Keempat, meminta Kapolda Gorontalo untuk menindak tegas oknum polisi yang melakukan kekerasan, intimidasi dan perampasan fasilitas peliputan wartawan.

“Kami juga meminta kepolisian dan pihak-pihak yang keberatan dengan kerja jurnalistik untuk menempuh mekanisme dewan pers sehingga tidak seenaknya mengatakan hoaks terhadap produk jurnalistik,” lantang Koordinator Lapangan, Helmi Rasyid.

Para wartawan juga menyatakan akan memboikot seluruh pemberitaan Polda Gorontalo jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Pada aksi damai yang turut dikawal ketat ratusan aparat kepolisian itu, ratusan wartawan melepaskan ID card diiringi dengan tabur bunga sebagai bentuk perlawanan atas tindakan-tindakan kriminalisasi pers.(Prin)