Kejar Target Vaksinasi, Gubernur Rusli Minta Bupati/Walikota Jangan Tahan Stok Vaksin

Kejar Target Vaksinasi, Gubernur Rusli Minta Bupati/Walikota Jangan Tahan Stok Vaksin

02/08/2021 19:51 0 By Alex

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengingatkan kepada bupati dan walikota, untuk tidak menahan stok vaksinnya dan segera digunakan jangan sampai kadaluarsa.

Hal itu diutarakan Gubernur menanggapi soal masih rendahnya cakupan vaksinasi yang terungkap dalam rapat bersama unsur Forkopimda dan para bupati dan walikota, yang digelar virtual, Senin (2/8/2021).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman, bahwa penyebab cakupan vaksinasi yang rendah dikarenakan kekhawatiran akan kekosongan vaksin di sejumlah wilayah.

“Teman-teman bupati walikota yang masih mempunyai stok vaksin untuk segera digunakan jangan disimpan-simpan lagi, jangan sampai akan kadaluwarsa. Saya minta ini dipercepat,” tutur Gubernur Rusli.

Bahkan untuk mendorong naiknya cakupan vaksinasi, Gubernur Rusli juga meminta bantuan dari unsur kepolisian hingga TNI, untuk membantu pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat.

Rusli juga meminta masyarakat tidak perlu khawatir divaksinasi saat puasa, sebab kondisi tubuh kita tidak akan terpengaruh terhadap pemberian vaksinasi walaupun sedang dalam keadaan berpuasa.

Yang perlu diperhatikan sebelum mendapatkan vaksinasi adalah istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi waktu sahur. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih matang dengan jumlah yang cukup.

“Vaksin itu tidak membatalkan puasa. Ini juga yang masih menjadi perdebatan dan penolakan dari teman-teman masyarakat saat ini, padahal MUI sudah mengatakan bahwa itu (vaksin) tidak membatalkan puasa,” harap Rusli. (alex)