KEK Berbasis Perdesaan, Eduart: Desa Damai Berkeadilan, Berantas Terorisme

KEK Berbasis Perdesaan, Eduart: Desa Damai Berkeadilan, Berantas Terorisme

04/03/2021 20:32 0 By Maman

Rektor Eduart Pre Regional Meeting

Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST, MT menyampaikan sambutan dalam Pre Regional Meeting KEK Teluk Tomini. (foto:hms)

Hulondalo.id – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis perdesaan kata Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr. Eduart Wolok, ST, MT, relevansi dengan keamanan desa yang damai dan berkeadilan dalam pemberantasan terorisme di wilayah Teluk Tomini.

“Ini menjadi penting, kenapa pembangunan kawasan ini harus dilaksanakan,” ungkap Eduart, Kamis (4/3/2021).

Rektor juga mengatakan, dalam pengembangan kawasan ini, kerjasama dan kolaborasi yag dilakukan, bukan hanya dengan Pemerintah Daerah, namun dengan pihak TNI/POLRI.

“Dalam Pre Regional Meeting dan Regional Meeting nanti, kita akan undang dan libatkan seluruh stakeholder terkait, untuk mengembangkan kawasan ini,” jelas Eduart.

Sementara itu, Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si menjelaskan, KEK berbasis perdesaan ini bersifat partisipatif.

“Artinya melibatkan masyarakat, terkait komoditas keunggulannya yang dimiliki desa,” ungkapnya.

Setiap desa kata dia, memiliki keunggulannya masing-masing, baik itu kakao, perikanan, serta potensi wisata. Itu menjadi bagian dari partisipasi perdesaan yang lebih berkembang dari sisi ekonominya.

“Bukan fokus pada skala desa saja, industri yang dikembangkan di kawasan Teluk Tomini ini, berbasis potensi yang ada di kawasan perdesaan,” tandasnya. (MG01/Adv)