Keluarga Pasien Covid-19 yang Meninggal Dunia Bakal Dapat Santunan Rp 15 Juta

Keluarga Pasien Covid-19 yang Meninggal Dunia Bakal Dapat Santunan Rp 15 Juta

13/08/2020 23:27 0 By Alex

Gubernur Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyerahkan santunan kepada Ronal Lasinala, ayah dari bocah yang tewas terjatuh dari lantai dua rumah saat banjir melanda Kota Gorontalo.

Hulondalo.id – Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan santunan kepada keluarga pasien Covid-19 yang meninggal dunia sebesar Rp 15 Juta.

Khusus di Gorontalo, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Provinsi Gorontalo tengah memproses berkas santunan duka bagi 23 keluarga pasien.

“Dari 38 pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Gorontalo, sudah kami proses untuk 23 keluarga pasien. Berkasnya hampir selesai diurus ke Kemensos tinggal menunggu surat pembayaran,” ujar Kepala Dinsos PPPA Provinsi Gorontalo, Risjon Kujiman Sunge, Kamis (13/8/2020).

Meskipun nilai uang tersebut tidak seberapa dengan nyawa manusia, namun santunan ini diharapkan bisa dimanfaatkan dan meringankan beban keluarga korban yang ditinggalkan.

“Ini wujud perhatian dan kepedulian pemerintah kepada keluarga korban baik itu akibat bencana sosial maupun bencana alam,” kata Risjon.

Selain santunan duka untuk keluarga pasien Covid-19 yang meninggal dunia, Dinsos PPPA Provinsi Gorontalo sebelumnya sudah mencairkan santunan duka bagi 2 keluarga korban yang meninggal akibat bencana, yakni korban seorang anak yang meninggal dunia karena banjir dan seorang pengemudi becak motor (bentor) yang tertimpa pohon.

“Hari ini ada staf saya yang ke rumah 2 keluarga korban yang bayi dengan yang pengemudi bentor. Mereka sangat terharu dan menyampaikan terima kasih atas kepedulian bapak Gubernur,” kata Risjon.

Menurutnya, santunan yang dikategorikan bencana sosial yakni korban meninggal Covid-19. Sementara untuk bencana alam seperti korban meninggal karena banjir, angin puting beliung, pohon tumbang, disambar petir, kebakaran rumah dan sebagainya.(adv/alex)