Keluhan Dana Duka Cair Lewat 40 Hari, Thariq: Pengurusan Lebih Dimaksimalkan

Keluhan Dana Duka Cair Lewat 40 Hari, Thariq: Pengurusan Lebih Dimaksimalkan

21/06/2021 19:32 0 By Maman

Wabup Thariq Sidak Bagian Kesra

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat melakukan sidak di Bagian Kesra, terkait proses pengurusan Santunan Duka. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu meminta, pengurusan dana duka di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), agar lebih dimaksimalkan. Ini dilakukan kata Wabup, agar dana duka bisa cepat digunakan masyarakat.

“Banyak keluhan dari masyarakat bahwa, dana duka ini diterima nanti setelah lewat 40 hari, padahal itu sangat dibutuhkan oleh keluarga, mulai dari pemakaman sampai pada hajatan atau doa,” ungkap Wabup usai sidak di Bagian Kesra dan Bagian Umum Setda Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (21/6/2021).

Wabup mengatakan, sidak dilakukan di Bagian Kesra yang menangani santunan dana duka, dan ke bagian verifikasi keuangan di Bagian Umum.

Ada beberapa hal kata Wabup, yang menjadi penyebab keterlambatan tersebut. Bulan Januari, Februari 2021 kata Wabup, tidak ada pembayaran, sehingga dokumen yang ada menumpuk. SOP yang ada juga lanjut Wabup, harus dimaksimalkan.

“Saya sudah berikan petunjuk pada Bagian Kesra maupun bagian verifikasi keuangan di Bagian Umum, bagaimana mempercepat, minimal mekanisme penerimaan dokumen sampai selesai verifikasi untuk lalu ke keuangan itu betul-betul teratur, dan lebih dimaksimalkan lagi khusus yang sudah ada, sehingga tidak tumpang tindih, dari Bagian Kesra maupun Bagian Umum,” jelas Wabup.

Langkah perbaikan lanjut Wabup lagi, sudah dilakukan. Kedepan, dengan perbaikan tersebut, diharapkan dana duka akan lebih cepat bisa digunakan oleh masyarakat.

Wabup juga berharap, aparat desa dapat membantu mempercepat pengurusan di desa. Begitu juga di Dinas Dukcapil, hingga Bagian Kesra dan Bagian Umum.

“Jika itu semua efektif, saya kira pelayanan kepada masyarakat juga lebih maksimal,” pungkas Wabup. (Prin/Adv)